Lawan Korupsi, Bangun Kejujuran

Binjai (Humas)

Walikota  Binjai HM Idaham SH MSi mengajak  semua pengelola  keuangan pada setiap instansi pemerintah di Kota Binjai untuk  bersama-sama melawan korupsi  dengan membangun  kejujuran, bekerja  sebaik-baiknya  dan meningkatkan loyalitas  kepada pemerintah, bangsa dan negara. Hal itu disampaikan Walikota Binjai ketika   Sosialisasi  Jaringan Masyarakat  Anti KKN, Senin (9/12) di aula  Pemko Binjai.

Sosialisasi dilaksanakan kerjasama Kejaksaan Negeri Binjai dan Pemko Binjai  dengan peserta terdiri dari para kepala SKPD, PPTK, pejabat pengguna anggaran dan bendahara.

Turut hadir   Wakil Walikota Timbas Tarigan SE,  kepala kejaksaan negeri Binjai  Wilmar Ambarita SH, MSi, sekda H. Elyuzar Siregar SH MHum.

Walikota Binjai mengatakan kepala SKPD, bendahara kegiatan, PPK dan PPTK menempati  posisi  sentral pada pengelolaan anggaran   sehingga sangat rentan  terhadap penyalahgunaan  wewenang   dan  anggaran  yang  berpotensi  kerugian negara. Karena itu dalam  setiap  pekerjaan pengadaan barang dan jasa  harus  berhati – hati dan  mematuhi  ketentuan  yang berlaku.   

“ Jangan  diterima  kalau barang  atau pekerjaan  tersebut tidak sesuai  spek  yang ditentukan,” kata  Idaham.

Menurut  Kepala  Kejaksaan negeri Binjai Wilmar Ambarita SH MSi  perbuatan korupsi  umumnya sudah terencana dengan baik, mulai  dari  tahap  perencanaan pelaksanaan sampai  pengawasan. Vonis ringan  terhadap  koruptor    dinilainya menjadi penyebab  orang  tidak takut korupsi  dan korupsi masih terjadi.

Wilmar Ambarita mengingatkan agar  setiap pengadaan  barang dan jasa agar mengacu pada  aturan yang berlaku   dan mempedomani prinsip-prinsip  dasar yaitu  efisien efektif, terbuka dan bersaing,transparan, adil   tidak  diskriminatif.

Sesuai prinsip tersebut  maka  panitia pengadaan harus berani  menolak  intervensi  dan intimidasi dari pihak manapun, kata Wilmar Ambarita.