Ketua TP PKK Kota Binjai Harapkan Ketahanan Pangan Dapat Terus Ditingkatkan

Binjai(Humas)
Ketua TP PKK Kota Binjai Lisa Andriani Idaham pada acara sosialisasi dan pelatihan kader pangan Kota Binjai mengharapkan agar para kader PKK khususnya Kota Binjai untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan karena pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, bertempat di Jalan Tenis Kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai Timur, Rabu (26/6).

Lisa dalam arahannya mengatakanan kebutuhan pangan menjadi sangat penting ketika tidak hanya dijadikan sebagai kebutuhan dasar melainkan hak bagi setiap manusia. Ketahanan pangan merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari kualitas sumberdaya manusia suatu Negara.
Di Indonesia produksi bahan pangan belum mampu untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Hal ini disebabkan oleh laju pertumbuhan produksi pangan yang relative lebih lambat dari permintaannya.

Dikatakannya mungkin sulit menambah jumlah lahan pertanian dan menekan laju penduduk, namun yang perlu ditindaklanjuti yaitu stategi dalam menyelesaikan ketahanan pangan pada lahan yang ada.

Permasalahan ketahanan pangan juga dapat ditinjau dari aspek manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian serta kordinasi dari berbagai kebijakan dan program.

“Permasalahn semakin kompleks ketika kebijakan di era otonomi daerah tidak diimbangi dengan kebijakan yang mengarah pada peningkatan sumberdaya lokal, untuk itu Pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama mengubah cara berfikir kita untuk meningkatkan pangan di Kota Binjai,” pinta Lisa.
Ir Dewi Anggraini Kabid Ketahanan Pangan yang berkesempatan menjadi narasumber mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah ntuk menciptakan kader-kader pangan yang berkualitas dalam membimbing masyarakat agar setiap rumah tangga mampu menyediakan pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya agar aman merata dan terjangkau.

Meningkatkan pemahaman masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga pada khususnya akan pentingnya pola pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pada kesempatan iru Lisa didampingi para kader PKK melakukan demo masak yang langsung dipraktekan di depan para kader dengan menu utama menggunakan ubi, dimana makanan yang dimasak yaitu onde-onde isi jamur dan lemper ubi jalar, dan kedua makanan yang dibuat sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, jadi sangat baik untuk dikoksumsi oleh keluarga.