KETUA TP. PKK BINJAI NY. LISA ANDRIANI H.M. IDAHAM BUKA TRAINING OF TRAINER (TOT) GERAKAN PHBS

Binjai, Rabu 20 Maret 2013,  ketua TP. PKK Kota Binjai Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham membuka Training Of Trainer (TOT) gerakan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) di 10 Paud Kota Binjai tahun 2013 di aula Kantor Camat Binjai Selatan. Dalam kegiatan ini hadir ketua GOPTKI Ny. Nani Timbas Tarigan, ketua Himpaudi Sriyuningsih, Ketua IGRA Siti Khadizah.

Ketua TP. PKK dalam sambutannya mengatakan  bahwa  terwujudnya keluarga yang sehat merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dalam sebuah protes terwujudnya taraf hidup keluarga dan masyarakat yang sejahtera. Demikian juga dengan kelanjutan pembangunan bangsa, keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah sistem pembangunan sekaligus menjadi pondasi ketahanan bangsa.

Maka dari itu, perhatian kepada kesehatan keluarga harus terus kita perhatikan bersama yang dikelola secara terpadu, bersama-sama dan diselenggarakan secara terus-menerus. Dengan cara meningkatkan kesadaran dan motivasi untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat disekolah yaitu mencuci tangan pakai sabun di air mengalir dan menyikat gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Kita juga ketahui bersama bahwa masa Golden Age anak-anak merupakan rentang masa pertumbuhan yang sangat mudah untuk menerima rangsangan berfikir, bertindak, berkomunikasi dan pada masa ini pula tingkat kemampuan penyerapan informasi dan edukasi anak ditentukan.

Dengan demikian, penanaman nilai-nilai yang positif seperti membiasakan pola hidup bersih dan sehat pada masa Golden Age anak-anak merupakan sebuah kesempatan terbaik kita bersama, agar nantinya melahirkan generasi bangsa yang membudayakan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Direktur Heartindo Dr. Apshari Diana Kusumastuti mengatakan bahwa program sekolah sehat ditahun 2013, perangi HIV/AIDS disekolah menengah dan kesadaran sarapan pagi untuk peningkatan gizi anak disekolah TK tetap berlanjut. Untuk program gerakan prilaku hidup bersih sehat ( PHBS ) akan diadakan di 10 pendidikan ank usia dini ( PAUD ) yang nanti nya menjadi program pilot proyek ditahun 2014.

Kerjasama dan sinerjisitas yang selama ini terjalin antara Heartindo dan Pemerintah Kota Binjai akan terus ditingkatkan sehingga tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud. Pada kesempatan ini juga pihak Heartindo memberikan bantuan timbangan badan, media informasi alat peraga edukatif bagi 10 PAUD.