KETUA TP. PKK BINJAI MEMBUKA KELAS ORIENTASI

Binjai, Kamis (2/5) Ketua Tim Pengerak PKK Kota Binjai Ny. Lisa Andriani M. Idaham membuka kelas orientasi sesama Kader Posyandu Peduli Tumbuh Aktif Tanggap di aula Pemko Binjai.

Ketua TP. PKK Binjai dalam sambutannya mengatakan bahwa posyandu ( Pos Pelayanan Terpadu ) merupakan unit terdepan yang mengupayakan kesehatan bagi ibu dan anak balitanya yang di laksanakan oleh masyarakat secara bersama-sama atau terpadu peran dan fungsi posyandu sudah sepatutnya terus diberdayakan dan dimaksimalkan serta di selenggarakan secara terus menerus agar bergagai kegiatan , sasaran dan tujuan posyandu itu sendiri dapat tercapai dengan baik.

Maka dari itu , agar penyelenggaraan posyandu dapat berjalan dengan epektif perlu adanya upaya dan strategi dalam meningkatkan fungsi dan peran posyandu yang terjamin , yang salah satunya adalah dengan peningkatan kemampuan pengetahuan dan keterampilan serta dedikasi kader posyandu itu sendiri . Untuk itulah kita menyelenggarakan kegiatan ini , yakni orientasi sesame kader posyandu peduli tumbuh aktif tanggap .

Dengan di selenggarakannya kegiatan ini,diharapkan akan meningkatkan kinerja posyandu dengan meningkatkan kinerja para kader posyandu dengan meningkatkan pengetahuan terhadap aspek tumbuh kembang anak sehingga dapat memberikan layanan maksimal pada mayarakat .

Dengan penyajian modul edukasi baru yang berguna bagi para kader Posyandu Peduli Tumbuh Aktif Tanggap,mudah-mudahan akan semakin menarik minat masyarakat untuk datang berkonsultasi dan mengecek status tumbuh kembang batita atau balitanya ke posyandu . Hal ini sangatlah penting mengingat pemberdayaan posyandu memberi pengaruh yang sangat positif terhadap peningkatan gizi masyarakat , mewujudkan genrasi muda kota Binjai yang lebih sehat , lebih cerdas , lebih aktif dan tanggap sehingga turut mendukung etrcapainya target millennium deployment goals ( MDG’S).

Pada tahun 2012 telah di kembang kan suatu aksi nyata dari revitalisasi posyandu oleh TP PKK pusat bekerja dengan Pt.Nestle Indonesia –dancow berita,yaitu gerakan posyandu pedili TAT (tubuh aktif tanggap), salah satu kegiata adalah penyelenggaraan posyandu peduli TAT di 14 provinsi dan 56 kabupaten / kota 112 kecamatan dan di 232 posyandu.

Tujuan dilaksakannya kegiatan ini di harapkan nantinya para peserta mampu memahami, melaksanakan dan mengembangkan layanan TAT di posyandu masing-masing. Para hadirin yang berbahagia, kami dari panitia ingin melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 60 orang kader posyandu dari 12 posyandu yang berasal dari 4 kelurahan yaitu Bandar senembah, Rambung dalam, Tanah 1000 dan Berngam, selain itu kami juga menghadirkan penanggung jawab puskesmas, TP PKK kelurahan di ke 4 kelurahan yang disebutkan tadi, selain itu juga kami menghadirkan TP PKK kecamatan binjai barat, binjai kota dan binjai selatan. Sehingga total peserta pada kelas orientasi sesame kader ini berjumlah 71 orang.