Ketua TP PKK Binjai Canangkan Kantin Sehat

Ketua TP PKK Binjai Canangkan Kantin Sehat

Binjai (Humas Pemko)

Ketua TP PKK Kota Binjai Hj Lisa Andriani M Idaham SPsi mencanangkan Kantin Sehat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 024772, Jalan Bejo Muna Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, Sabtu (21/10). Adanya kantin sehat diharapkan jajanan yang dijual akan terkontrol dan tidak membahayakan kesehatan siswa.

Pencanangan dihadiri wakil ketua TP PKK Hj Nani Timbas Tarigan, Erni Mahfullah, Kadis Kesehatan dr Mahaniari Manalu MKes, Kadis Pendidikan H Janu Asmadi Lubis, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Drg Lilik Rosdewati, Camat Binjai Barat Samuel Lumbantoruan, Camat Binjai Timur Hardiansyah Pohan S.STP, Kepsek 024772 Naima SPd.

Ketua TP PKK kota Binjai Hj Lisa Idaham mengatakan bahwa pemenuhan nutrisi dan keamanan pangan anak sangat penting untuk diperhatikan. Kantin sekolah harus menyediakan jajanan yang diolah secara bersih dan sehat, tidak mengandung bahan kimia yang berdampak buruk bagi kesehatan siswa.

“Untuk itu, TP PKK Binjai pertama sekali meresmikan pencanangan kantin sehat sekolah ini agar keamanan pangan anak didik terjaga,” ungkapnya.

Menurut Lisa, intervensi keamanan pangan di sekolah tidak hanya dilakukan pada level SD, tetapi juga di tingkat SLTP dan SLTA. Namun mengingat besarnya jumlah sasaran dari gerakan ini tentu memerlukan tenaga yang cukup banyak. Oleh karena itu peran fasilitator keamanan pangan sekolah dirasa sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Kepala SDN 02774 Naima SPd menjelaskan kantin sekolah menjadi fokus dalam pencanangan masyarakat hidup sehat, karena berdasarkan hasil survey hampir 30% asupan gizi anak berasal dari jajanan di lingkungan sekolah.

“Kantin sehat selain menjaga kebersihan, juga untuk menjaga nutrisi anak,” ujar Naima.

Ia juga mengharapkan agar kantin sehat diterapkan diseluruh sekolah untuk kesehatan siswa.

“Jajan tidak selalu merupakan kebiasaan yang buruk, karena anak-anak sekolah punya aktivitas yang tinggi. Sehingga perlu asupan makanan di antara waktu makan pagi dan siang,” katanya.