KETUA TP. PKK BINJAI BUKA PELATIHAN / SOSIALISASI UU PKDRT

Binjai, Humasy
Selasa (11/6) Ketua TP. PKK Binjai Ny. Lisa Andriani M. Idaham, membuka Pelatihan/Sosialisasi tentang Undang-undang  Kekerasan Dalam rumah Tangga (KDRT) dan Perlindungan Perempuan Anak bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan Binjai Kota di Aula Kantor Camat Binjai Kota.

Ketua TP. PKK dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini banyak terjadi kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan terhadap anak-anak dan perempuan baik secara fisik maupun psikus.

Kekerasan dapat terjadi karena kurangnya modal espon yang meliputi trust (saling percaya), network (jaringan espon) dan institution (pranata). Lisa Andriani mengajak segenap elemen untuk tulus membantu espon dan saling membangun kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat. Pemikiran atau mindset kita harus dapat mengikuti aturan-aturan yang berlaku. “Kaum wanita dan kader PKK merupakan orang terdepan dalam menyelesaikan dan mencegah permasalahan dalam rumah tangga sehingga wawasan dalam sosialisasi ini sangat berguna diterapkan dalam kehidupan sehari-hari “tegas Lisa.

Juliana Situmorang, SH, CN ( Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Sumut) sebagai narasumber, memberikan materi dan pandangan pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan dalam rumah tangga ditinjau dari aspek espo dan perlindungan anak. Banyak persoalan yang harus diketahui masyarakat tentang  kekerasan dalam rumah tangga dan perlindungan anak, sehingga paras orang tua dan wanita khususnya menjadi terdepan untuk mencegah hal ini.