KETUA TP. PKK BINJAI BERIKAN BIMBINGAN PEMANTAPAN KELUARGA SADAR GIZI (SADARZI)

Binjai,(Humasy)

Kamis (30/5) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Binjai Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham memberikan bimbingan,  pembekalan dan motivasi dalam  kegiatan Pemantapan Keluarga Sadar Gizi (Sadarzi) Dalam upaya Penurunan Prevalensi Kurang Gizi di Aula Kantor Camat Binjai Utara. Dalam kegiatan ini hadir  Camat Binjai Utara Sugiono, Plt Kadis Kesehatan Dr. Melyani Bangun.

Ketua Tim Penggerak PKK dalam bimbingannnya mengajak seluruh kader Posyandu, Kader PKK untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan makanan sehat, higien. Pola hidup sehat dimulai dari keluarga, peran ibu sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga khususnya bagi anak – anak. Menjaga kesehatan anak dengan asupan makanan bergizi tanpa pengawet dan pewarna mengandung zat kimia yang berbahaya.

Lisa menyarankan ibu-ibu agar dalam mengelolah/memasak makanan secara langsung sehingga akan diketahui kebersihan dan kandungan gizinya. Anak-anak selama ini sudah terbiasa dengan pewarna, untuk menarik minat atau nafsu makan anak dapat digunakan pewarna alami dari sayur-sayuran berwarna hijau sehingga akan diperoleh hasil ganda karena pewarna hijau mengandung zat yang sangat dibutuhkan tubuh seperti sayur bayam dan disisi lain tubuh tidak terkena bahan berbahaya. Anak-anak harus diberi pengertian tentang makanan sehat serta bagaimana akibat dari konsumsi makanan berpengawet berbahaya lanjut Lisa.

Pelaksana Kepala Dinas Kesehatan Dr. Melyani Bangun mengatakan bahwa kegiatan Pemantapan Keluarga Sadar Gizi bertujuan untuk menurunkan masalah gizi buruk pada anak-anak yang dapat terlihat dari Kartu Menuju Sehat (KMS) yang ada di Posyandu. Indikasi nya adalah berat badan anak selama 2 bulan berturut-turut berat badan tidak bertambah atau yang lazim dalam kesehatan disebut Dibawah Garis Merah (BGM). Kegiatan Pemantapan Keluarga Sadar Gizi  (Sadarzi) berlangsung di 5 kecamatan. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan praktek memasak makanan sehat dan bergizi yang langsung dibimbing oleh Ketua TP. PKK.