Kerukunan Beragama di Indonesia Menjadi Model Negara Lain.

BINJAI  ( Humas)  :  Kerukunan beragama di Indonesia, menjadi model bagi negara lain. Kemerdekaan memeluk agama dan beribadah setiap warga negara ,merupakan prinsip dasar yang dijamin kontitusi. Tindakan penodaan agama, penyiaran suatu agama kepada orang yang sudah memeluk agama tertentu. Pemaksaan penggunaan atribut suatu agama kepada orang  orang yang berbeda keyakinan, tidak dapat dibenarkan dalam negara yang berdasarkan pancasila. Hal itu di tegaskan Menteri  Agama RI Lukman Hakim Saifuddin,  dalam sambutan   dibacakan Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, Msi,  pada peringatan Hari Amal Bakti ( HAB) ke 69 Kementerian Agama RI, Sabtu ( 3/1), di lapangan Merdeka Binjai.


Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin juga menyebutkan penglolaan pendidikan agama dan keagamaan harus dapat dipertahankan dan terus dikembangkan. Pendidikan agama yang diwajibkan melalui jalur sekolah dan penyelengaraan pendidikan formal. Berciri keagamaan secara institusional, dibawah Kemenag, tidak dapat dipisahkan dari misi Kemenag. Dalam pelayanan kehidupan beragama seperti pelayanan pencatatan nikah, penyelangaraan ibadah haji sangat diapresiasi pengabdian dengan tabah dan sabar di tengah sorotan publik yang belum menggembirakan. Kepada penghulu KUA, penyuluh agama,  dosen dan guru agama yang tak kenal lelah mendidiik generasi bangsa,diucapkan terima kasih.


Peringatan HAB ke 69 di lapangan merdeka Binjai, diikuti siswa MA, MTs serta FKPD dan SKPD, oleh Wali Kota HM Idaham  didampingi Wakil Wali Kota H.Timbas tarigan, SE, Ka Kemenag Binjai H. Al Ahyu, MA, menyerahkan Satya lencana karya satya dari presiden RI kepada aparatur sipil negara dan guru di Kemenag Kota Binjai  kepada 24 orang yang berjasa menunaikan tugas  30 tahun , 20 dan 10 tahun. Wali Kota Binja HM Idaham, SH, Msi  dan Ka Kemenang H. Al Ahyu, MA , juga menerima tokoh agama  , pengurus MUI, LPTQ dan pimpinan organisasi agama di rumah dinas, jalan Veteran Binjai. Wali Kota HM idaham, SH, Msi, mengemukakan, kerukunan umat beragama di kota Binjai  sangat baik, dan dijadikan daerah lain sebagai percontohan.