KARANG TARUNA MITRA PEMERINTAH

Binjai, (Humas)
Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST dan Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, menghadiri Bulan Bhakti Karang Taruna dan Karang Taruna Expo yang berlangsung sejak 16 Desember 2013 di GOR Jl. Jambi, Kamis (19/12). Walikota Binjai mengatakan bahwa Karang Taruna saat ini mendapat tantangan besar untuk mengawal generasi muda dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi. Karang Taruna harus berfikir kritis dan cepat tanggap terhadap permasalahan sosial, pembangunan dan kemasyarakatan khususnya di Kelurahan.

Gubernur  mengharapkan agar Karang Taruna mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam Sumatera Utara. Karang Taruna harus belajar, berlatih dan  bekerja giat  untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian sehingga memiliki sumber daya manusia yang handal. Lanjut Gatot bahwa sumber daya alam yang berlimpah tak akan berarti tanpa adanya sumber daya manusia. Dengan adanya Karang Taruna yang handal akan meningkatkan ekonomi kreatif, menciptakan inovasi, kreatifitas dan ekonomi produktif.

Ketua Karang Taruna Sumatera Utara Solahuddin Nasution mengatakan bahwa Karang Taruna adalah mitra pemerintah. Karang Taruna tidak akan terlibat dalam politik praktis. Modal utama Karang Taruna saat ini adalah semangat dan motivasi untuk kemajuan ekonomi dan memberikan lapangan kerja khusunya bagi generasi muda. Lanjutnya walaupun bantuan modal dari pemerintah kecil bukan membuat Karang Taruna lesu atau tidak bersemangat untuk terus berkreatifitas. Karang Taruna tidak akan pernah menyerah untuk berbuat.

Pada kesempatan ini juga Gubernur dan Walikota Binjai memberikan penghargaan kepada Karang Taruna teladan yang diperoleh oleh Karang Taruna Kota Sibolga (terbaik I), karang Taruna Binjai terbaik II) dan Karang Taruna Medan (terbaik III). Gubernur juga memberikan kursi roda untuk penyandang cacat dan peralatan mesin modal usaha.