Jumlah Penyalahguna Narkoba Terus Meningkat

Binjai (Humas)

Angka  penyalahguna narkoba di Indonesia  cenderung naik  dari  tahun  ke tahun. Hasil survey nasional  tahun 2011 penyalahgunaan narkoba di Indonesia sebesar 4,2 juta orang atau 2,2 persen, terdiri dari pengguna coba pakai, teratur pakai maupun pecandu.

“Kita dapat memulai melakukan  pencegahan  dari lingkungan keluarga yang merupakan langkah awal dalam membangun gerakan  nasional mewujudkan hidup sehat tanpa narkoba,“ kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN)  DR Anang Iskandar dalam  sambutan tertulis dibacakan  Walikota Binjai HM Idaham  SH MSi pada upacara Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2014, di halaman kantor  Walikota, Senin(30/6).

Dijelaskannya selama kurun waktu  2010 sampai dengan 2014 telah direhabilitasi sebanyak   34.467  residen baik melalui  layanan rehabilitasi medis maupun sosial, di lembaga rehabilitasi milik pemerintah dan masyarakat.

Kepala BNN menambahkan  dalam kurun waktu empat tahun terakhir telah terungkap sebanyak  108.701  kasus kejahatan narkoba, dengan jumlah tersangka sebanyak 134.117 orang. Kemudian hasil pengungkapan tindak pidana  pencucian uang sebanyak  40 kasus dengan aset yang disita sebesar Rp 163,2 miliar.

Tema HANI tahun ini adalah Drug  use  disorder  are  preventable and treatable (pengguna narkoba dapat dicegah dan direhabilitasi). Peringatan dihadiri Dandim 0203 Langkat Letkol (Inf) Agusman Heri, Sekda Kota Binjai  H. Elyuzar Siregar SH MHum,  Kepala BNN Kota Binjai AKBP Ahmad Zaini SH MH.