Idaham : Gotong Royong Bukan Sekedar Bersihkan Parit

Binjai (Humas)
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi mencanangkan bulan bakti gotong royong  masyarakat (BBGRM) XI  dan hari kesatuan gerak PKK  Kota Binjai Tahun 2014  ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Walikota didampingi Ketua TP PKK ny Lisa Andriani M Idaham, dandim 0203 /Langkat  Letkol Inf Tri Saktiyono  dan unsur pimpinan daerah, Jumat (6/6)  di lapangan merdeka Binjai.

Dalam sambutannya  Walikota HM Idaham mengatakan  gotong royong merupakan  satu kearifan lokal  yang kini semakin memudar disebabkan  masyarakat yang semakin sibuk dengan urusannya masing-masing. Karena  itu  dengan kegiatan pencanangan bulan bakti gotong royong  Masyarakat (BBGRM)   diharapkan  akan  menumbuhkan lagi semangat gotong royong  di tengah kehidupan masyarakat.

“Gotong  royong  bukan sekedar  membersihkan parit bersama-sama, tetapi membantu  tetangga  yang sedang mendapat musibah  juga salah satu bentuk gotong royong ,” kata  HM Idaham.

Menurut  HM Idaham gotong royong  bukanlah semata –mata untuk membangun  dan membenahi sarana fisik tapi juga  untuk membangun  non fisik  yaitu pembangunan manusia seutuhnya  yang meliputi  pembangunan  dan pembentukan akhlak, moral  dan karakter masyarakat.  Oleh karena itu kegiatan  pencanangan BBGRM XI dan  hari kesatuan  gerak PKK jangan sekedar seremoni belaka  namun harus  kita jadikan  sebagai momentum untuk menguatkan komitmen kita bersama dalam membangun  Kota Binjai dengan mengedepankan kebersamaan dan gotong royong.

“Setelah ini perlu kita evaluasi sejauh mana kegiatan ini bisa mempengaruhi  masyarakat  untuk  menghidupkan  kembali  semangat gotong royong, “ kata Idaham.

Dalam  kegiatan tersebut, Walikota juga menyerahkan  hadiah  kepada  pengurus PKK  kelurahan yang telah  berhasil menjadi pemenang  lomba  pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK, PDKRT,  Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K),Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT2WKSS), Pemanfaatan Tanah Pekarangan Hatinya PKK serta Pemanfaatan Hasil Toga. Juga diserahkan bantuan   berupa  peralatan membuat  kue,  bibit pohon penghijauan, bibit lele, serta  alat-alat kebersihan.

Ketua TP PKK  Kota Binjai ny Lisa Idaham  mengatakan  tim penggerak PKK   telah memerankan fungsi sebagai mitra  pemerintah  dan merupakan  salah satu unsur pelaku pembangunan. Pada tahun 2013 TP PKK Kota Binjai  telah menunjukkan prestasi yang membanggakan antara lain juara  2 Lomba masak menu B2SA tingkat provinsi, juara 3 lomba pelaksana terbaik tertib administrasi PKK tingkat provinsi, juara 2 lomba pelaksana terbaik  UP2K tingkat propinsi, juara 2 lomba pelaksana  terbaik pemanfaatan  lahan pekarangan tingkat provinsi, juara terbaik I kader PHBS tingkat nasional dan juara terbaik 2  kader posyandu tingkat nasional atas nama Marlina.