HUT GOPTKI Ke 57 Tahun 2014 Kota Binjai

Binjai,
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) ke 57 tahun 2014 Kota Binjai digelar meriah dengan tema membangun generasi emas dengan menyiapkan pendidikan yang berkualitas dan kreatif di Pendopo Umar Baki Jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota, Sabtu (31/5).

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi melalui Sekretaris Daerah Kota Binjai H Elyuzar Siregar dalam arahannya berharap peringatan HUT GOPTKI ke 57 tahun 2014 dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat sekaligus ,menguatkan komitmen bersama dan seluruh pengurus GOPTKI serta seluruh pengelola taman kanak-kanak yang ada di Kota Binjai.

Dalam membangun genearsi muda dan dunia pendidikan Kota Binjai yang lebih baik, bermartabat dan berkualitas, khususnya dalam rangka terciptanya generasi emas tahun 2014 yang bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

“Harus kita pahami bahwa dalam upaya melahirkan genearsi emas harus harus dibangun secara kompleks, berkelanjutan dan diperlukan peran dan tanggung jawab semua pihak baik itu Pemerintah, stakeholder dan masyarakat,” tegas Elyuzar.

Dikatakannya aspek penting yang harus dibina adalah penyelenggara pendidikan taman kanak-kanak yang meliputi pengelola dan tenaga pendidik.

“Kedua faktor tesebut menjadi faktor utama yang menentukan kualitas pengelolaan lembaha taman kanak-kanak dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anak didik,” ungkapnya.

“Pada kesempatan ini saya berharap dan mengajak kepada seluruh pengurus GOPTKI Binjai untuk senantiasa berkiprah dan meningkatkan peran serta dan semangat dalam upaya keberhasilan pembangunan Kota Binjai, khususnya pembangunan dunia pendidikan dan generasi muda Kota Binjai,” harap Elyuzar.

Ketua GOPTKI Kota Binjai Nani Timbas Tarigan mengatakan para pemrakarsa pendiri GOPTKI mempunyai visi kedepan untuk bersama-sama memikirkan masa depan bangsa melalui pendidikan usia dini.

Sejarah telah mencatat perjuangan GOPTKI dalam mengelola pendidikan anak usia dini sejak tahun 1957 sampai saat ini dengan berperan aktif baik dimasyarakat maupun mendukung program Pemerintah.

Masa usia emas merupakan masa dimana tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80 persen perkembangan otak.

 “Pada kesempatan ini sangat mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah kota Binjai yang telah banyak membantu dan memberi perhatian kepada kami, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada anak usia dini,” kata Nani.

Pada tahun ini GOPTKI Kota Binjai memiliki empat program kerja yang telah disusun untuk meningkatkan kualitas guru pendidik dan anak usia dini yaitu organisasi, pendidikan, ekonomi dan usaha.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat bermanfaat dan bisa menjadikan Kota Binjai menjadi kota pendidikan menuju kota layak anak dan menjadikan Kota Binjai kota idaman bagi dunia pendidikan,” harap Nani.

Peringatan HUT GOPTKI ke 57 tahun 2014 bekerjasama dengan DPC/DP ranting GOPTKI Binjai dan komunitas relawan Ganbare, dimana menampilkan kegiatan seperti lomba doidrama origami dan pentas seni yang diikuti oleh seluruh anak didik taman kanak-kanak yang ada di Kota Binjai.