Guru dan Pelajar di Binjai Peringati Hari Pendidikan Nasional

Binjai (Humas)

Hari  Pendidikan Nasional Tahun 2014  diperingati di Binjai  dengan  upacara  bendera diikuti oleh ratusan guru dan  pelajar, Jumat (2/5)  di lapangan Merdeka Binjai. Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan SE bertindak sebagai pembina upacara  dan membacakan pidato tertulis  Menteri  Pendidikan Dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh.  

Mendikbud Mohammad Nuh  dalam sambutan tertulis mengatakan pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan teknis semata, melainkan untuk membangun peradaban yang unggul. Dalam upaya mewujudkan peradaban manusia yang unggul, pemerintah terus meningkatkan akses untuk mendapatkan  pendidikan.

“Beberapa kebijakan dan program seperti BOS untuk pendidikan dasar dan menengah, Bantuan Siswa Miskin, Bidikmisi, pengiriman guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal, melalui SM3T, Bantuan Operasional untuk Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), pendirian perguruan tinggi negeri baru, dan sekolah berasrama merupakan sebagian dari upaya untuk meningkatkan akses  secara inklusif dan berkeadilan," kata Mendikbud M Nuh.

Kebijakan dan program tersebut, menurut Mendikbud telah berhasil, terbukti dengan naiknya Angka Partisipasi Kasar (APK) yang cukup tinggi dan lebih inklusif terutama pada tingkat SMP/MTs, SMA/A/K dan perguruan tinggi. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, Mendikbud M Nuh menambahkan, pemerintah telah menggencarkan pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, rehabilitasi sekolah rusak, dan penerapan Kurikulum 2013.

"Tahun ajaran 2014/2015 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme guru, kepala sekolah, dan pengawas selain juga merupakan momentum menata sistem perbukuan pelajaran," kata M Nuh.

M Nuh juga  mengajak kepada para guru untuk  menyukseskan implementasi  Kurikulum 2013. Melalui Kurikulum 2013  anak  didik dipersiapkan  menjadi generasi emas yaitu generasi yang kreatif, inovatif, produktif, mampu berpikir orde tinggi,berkarakter serta cinta dan bangga menjadi bangsa  Indonesia.

Selain diikuti para  guru dan siswa, upacara  Hardiknas di Binjai juga diikuti oleh  unsur pimpinan daerah, pimpinan  SKPD dan PNS  dari berbagai instansi.

Usai upacara Wakil Walikota Timbas Tarigan menyerahkan bantuan beasiswa  dari BPJS ketenagakerjaan cabang Binjai kepada 174 siswa tingkat SD hingga perguruan tinggi dengan  jumlah beasiswa  seluruhnya sebesar Rp.340.200.000,- .dan penyerahan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada 178 orang tenaga honorer di dinas kebersihan dan pertamanan.

Ket : Foto
Wakil Walikota Timbas Tarigan SE  secara simbolis menyerahkan kartu peserta  BPJS Ketenagakerjaan Kota Binjai kepada  seorang tenaga honorer  dinas kebersihan dan pertamanan  di lapangan merdeka Binjai, Jumat (2/5)