Gubsu Tinjau Pemungutan Suara Pilpres di Binjai

Binjai, (Humas)

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho didampingi Kapolda Sumatera Utara Irjend Pol Syarief Gunawan, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend TNI Istu Hari S, dan Ketua KPU Sumatera Utara Mulia Banurea, meninjau pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) di Kota Binjai, Rabu (9/7) pagi.

Selepas mendarat menggunakan helikopter TNI AD di Lapangan Merdeka Kota Binjai sekira pukul 10.10 wib, gubernur beserta rombongan kemudian meninjau dan menyaksikan langsung proses pemungutan suara Pilpres pada dua TPS di wilayah itu, masing-masing TPS I Kelurahan Satria di Jalan KH Samanhudi, dan TPS I Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota di Jalan Sultan Hasanudim Gang Tualang Kecamatan Binjai Kota.

Hadir mendampingi kunjungan Gubsu diantaranya, Walikota Binjai HM Idaham, Sekdako H Elyuzar Siregar, Kapolres Binjai AKBP Marcelino Sampaouw, Dandim 0203/Langkat Letkol Inf Agusman Heri, Kajari Binjai Wilmar Ambarita, Ketua KPUD Kota Binjai Herry Dani, Ketua Panwaslu Kota Binjai Syainul Irwan, serta jajaran FKPD dan unsur muspida terkait.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Gubsu mengatakan kunjungannya itu digelar dalam rangkaian peninjauan pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Langkat dan Kota Binjai, guna memastikan dan mengukur kelancaran seluruh tahapan Pilpres 2014 pada beberapa daerah di Sumatera Utara.

"Alhamdulillah, partisipasi pemilih dalam Pilpres ini cukup memuaskan dibandingkan pada Pileg lalu. Hingga pagi ini saja, angka partisipasi pemilih rata-rata antara 40 hingga 50 persen," jelasnya.

Khusus di Kota Binjai, Gubsu sangat mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara Pemilu di wilayah itu, mengingat beberapa TPS justru terlihat kreatif dengan menampilkan pertunjukkan kesenian daerah dan tari-tarian oleh anak-anak, guna meningkatkan antusiasme warga mengikuti proses pemungutan suara.

"Saya pikir ini adalah bagian dari cara pembelanjaran politik dan demokrasi kepada anak-anak. Dan ini yang saya kira harus dimaknai bahwa ini adalah pesta. Pesta lima tahunan, yang harus kita ikuti dengan suka cita dan gembira ria," ujarnya.

Di sisi lain dalam kunjungannya selama 30 menit itu, Gubsu berharap penyelenggaraan Pilpres di seluruh daerah di Sumatera Utara dapat berjalan dengan aman, damai dan harmonis.

"Soal pilihan, silahkan memilih sesuai keyakinan masing-masing. Jangan sampai ada (terjadi) hal-hal negatif yang tidak kita inginkan, misalnya kisruh yang menciptakan ketidakharmonisan di tengah masyarakat," imbuhnya.