Gotong Royong dan Donor Darah dalam rangka memperingati HUT PMI ke-67

Binjai, minggu,16 September 2012, Ketua Palang Merah Indoensia (PMI) Kota Binjai, Ny Lisa Andriani H.M. Idaham, menggelar apel peserta gotong royong dan donor darah HUT PMI ke-67 di lapangan kancil emas kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai Timur. Dalam amanatnya Ketua PMI Kota Binjai mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata gerakan kemanusiaan PMI ditengah masyarakat berupa donor darah dan gerakan bersih lingkungan untuk pengurangan resiko bencana .  Kegiatan ini memang  kecil  namun sekecil apapun akan berarti dirasakan masyarakat akan manfaatnya.

Masalah kebersihan, kesehatan, dan pelestarian lingkungan bukanlah semata-mata tanggung jawab pemerintah akan tetapi merupakan tanggungjawab bersama. Adapun tujuan gotong royong ini pertama adalah untuk menyadarkan masyarakat bahwa dengan kesatuan dan pesatuan dalam keberagaman akan mampu menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan semangat 7 prinsip dasar PMI dan Bulan sabit merah internasional, yakni : kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan.

Kedua Kita ingin menunjukkan bahwa Binjai sebagai Kota “Idaman” dalam kebhinekaannya benar-benar merupakan kota yang indah, damai, dan aman. Keterlibatan sebagian generasi muda dalam kegiatan ini juga sebagai jawaban dari thema peringatan HUT PM Ike-67, yaitu : “Kaum Muda Sebagai Agen Perubahan”. Partisifasi relawan muda yang tergabung dalam Palang Merah remaja (PMR) dan Korps Suka Rela (KSR) diharapkan mampu menjadi pelopor dalam menyebarkan pemahaman mengenai pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari kepada sebayanya (kalangan remaja) dan masyarakat. Seraya itu beliau mengajak agar para relawan muda terus meningkatkan jati diri, kapasitas, dan kepedulian sosialnya sehingga dapat memenuhi harapan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Melalui donor darah bermanfaat bagi kemanusiaan yang dapat digunakan untuk kebutuhan darah kota Binjai dan kota lainnya. Setetes darah yang kita sumbangkan akan dapat menyelamatkan nyawa orang lain dan memberi dampak positif bagi kesehatan pendonor itu juga. Dalam kegiatan donor darah diikuti oleh 33 orang yang terdiri dari TNI, Polri, masyarakat, PNS, PMI, PKK. Sebelumnya dilaksanakan penanaman pohon penghijauan dilapangan kancil emas dan sepanjang jalan kelurahan Timbang Langkat. Kegiatan ini dihadiri oleh SKPD Kota Binjai, TNI, Polri, PNS, Pelajar, Tagana, Pramuka, masyarakat.