Gerakan Perbaikan Irigasi Untuk Mencapai Swa Sembada Pangan.

BINJAI (Humas) : Wali Kota Binjai  HM Idaham, SH, MSi, mencanangkan perbaikan irigasi bersama Dan Dim 0203 Langkat, sebagai upaya swasembada pangan di kota Binjai.  Pencanangan perbaikan irigasi dan penandatangan  MOU swa sembada pangan di tanda tangani Wali Kota HM Idaham dan Dan Dim 0203 Langkat  Let.Kol. Inf. Agusman Herry, Selasa ( 10/2) , di Kelurahan Tanah Merah, Kec. Binjai Selatan. Sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan irigasi, disaksikan Tim pengawas Litbang Kementerian Pertanian RI Prof. Dr. Ir. Rizal Jamal.

Dan Dim 0203 Langkat Let. Kol. Agusman Hery, mengemukakan  Kodim 0203 Langkat membawa dua daerah yaitu Kab. Langkat dan Binjai . Gerakan perbaikan irigasi di   Langkat, sudah diselenggarakan  . Hari ini di Binjai, dan program gerakan perbaikan irigasi bertujuan mencapai swasembada pangan sebagai program Nawacita Presiden RI. Program diselenggarakan secara nasional, walau di targetkan 3 tahun, namun oleh Kasad diyakinkan bisa tercapai dua tahun.

Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi, menjelaskan ,  di Kota Binjai, areal pertanian tidak luas,  hanya 1.700 ha, di wilayah Kec. Binjai Selatan dan Kec. Binjai Timur, ditambah Kec. Binjai Utara. Begitupun diharapkan aktivitas kelompok tani, terutama petanio pemakai air harus siap mendukung program.Idaham juga mengingatkan, keberhasilan swasembada pangan akan berhasil jikia petani tidak mengalihkan penggunaan lahan. Serta melakukan pola tertib tanam.” Jika pola tertib tanam dilaksanakan oleh petani, diyakin swasembada pangan berhasil,” ujar Idaham .

Tim pengawas  Litbang Kementrian pertanian RI Prof. Rizal Jamal, sangat mengapresiasi program gerakan perbaikan irigasi guna mencapai swasembada pangan di Sumatera Utara. Program yang diselenggarakan secara nasional,diyakinkan Indonesia akan kembali sebagai negara swasembada pangan. Pencanangan gerakan perbaikan irigasi dan MOU pencapaian swasembada pangan , di hadiri  unsur Dinas Pertanian Prov. Sumatera Utara, Kadis Pertanian Binjai Ir. Edy Gunawan, pimpinan FKPD dan  SKPD Kota Binjai.