Festival Shri Jagannath Ratha Yatra Harapkan Mampu Menjadi Salah Satu Pariwisata Religius

Binjai, (Humas)
Festival Shri Jagannath Ratha Yatra atau festival mengarak kereta kencana Shri Krishna untuk pertama kalinya diadakan di Kota Binjai, bertempat di Kuil Shri Mariamman Jalan Jendral Ahmad Yani Kecamatan Binjai Kota, Minggu (10/8) malam.

Hadir pada acara festival tersebut Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, Dandim 0203/Langkat Letkol (Inf) Agusman Heri, Kakankemenag Kota Binjai AL Ahyu, Guru Senior His Holiness Subhag Swami dari India, Ketua DPD Sampradaya Kesadaran Krishna Indonesia Sumut A Mani Welan, Ketua Perhimpunan Shri Mariamman Kuil Binjai Ir M Raj Kumar, Ketua PHDI Kota Binjai Tiagu Rajen, tokoh masyarakat dan tokoh etnis Kota Binjai.

Idaham sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya festival Shri Jagannath Ratha Yatra yang pertama diadakan di Kota Binjai, beliau berharap dengan adanya festival ini mampu menjadi salah satu pariwisata religius yang ada di Kota Binjai.

Kedepannya saya berharap kegiatan ini dapat terselenggara diwaktu yang akan datang dan dijadikan sebagai agenda tetap setiap tahunnya. Karena kegiatan festival Shri Jagannath Ratha Yatra ini mempunyai fungsi multi yakni sebagai agenda keagamaan dalam rangka peningkatan kualitas keimanan bagi umat Hindu yang ada di Kota Binjai da juga sebagai salah satu potensi dibidang kebudayaan dan pariwisata yang diharapkan dapat meningkatkan minat pengunjung ke Kota Binjai.

“Sebagai Kota yang majemuk kita harus menghargai dan menghormati perayaan umat Hindu yang ada di Kota Binjai untuk mengadakan festival Shri Jagannath Ratha Yatra, dan kita berharap festival ini mampu menjadi salah satu pariwisata religius yang ada di Kota Binjai,” ungkap Idaham.

Rasa kebersamaan dan saling memiliki sebagai sesama masyarakat Kota Binjai yang terbangun dengan baik secara langsung akan memberi efek yang sangat positif dalam kemajuan pembangunan daerah.

“Terselenggaranya festival ini dapat menyatukan semua etnis dan agama yang ada terbukti sangat antusiasnya masyarakat Kota Binjai untuk menyaksikan festival, seluruh masyarakat lebur dalam kebersamaan,” ucapnya.

Ketua Panitia Festival Shri Jagannath Ratha Yatra dr Nehru menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya festival ini yaitu untuk meningkatkan pelayanan bhakti penyembah kepada Tuhan Sri Krishna, memperkenalkan tempat-tempat tujuan wisata di Kota Binjai melalui rangkaian festival dan menjadikan festival kereta Shri Jagannath Ratha Yatra sebagai salah satu festival yang akan menarik kunjungan wisatawan Mancanegara.

Dikatakannnya dalam Brahma Purana disebutkan siapapun yang melihat kereta kencana Ratha Yatra dan berdiri di depan kereta sambil menyambut Tuhan Krishna akan dapat membakar seluruh reaksi-reaksi dosa yang ada dalam badannya.

Kereta kencana Shri Krishna diarak berkeliling dengan ditarik bergantian dimulai dari Kuil Shri Mariamman menuju Jalan Kartini, melewati Jalan Jendral Sudriman, Jalan Sutomo, kemudian balik arah kembali ke Jalan Sudirman, Jalan Mahkamah dan kembali ke Jalan Jendral Ahmad Yani yaitu Kuil Shri Mariamman.
— bersama Muhammad Idaham dan Muhammad Idaham.