Dua Sekolah di Binjai Raih Adiwiyata Nasional 2015

Binjai (Bagian Humas)

Dua sekolah di Binjai, yaitu SD negeri 028230 Binjai Utara dan SMP Negeri 9 Binjai Selatan meraih penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2015 karena dinilai berperan aktif  dan berkinerja baik dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Penghargaan diserahkan  oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar, di  Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pj. Walikota Binjai, Ir. Riadil Akhir Lubis MSi, menyampaikan selamat dan penghargaan kepada  para  guru dan siswa dari  dua sekolah  ini. Ia berharap agar  kepedulian  terhadap pelestarian lingkungan hidup bisa terus  ditumbuhkan  sehingga  menjadi kebiasaan atau perilaku sehari- hari, di mana pun berada. Keberhasilan ini hendaknya  juga bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain  di Binjai.

“Sekolah yang sudah berhasil hendaknya bisa menularkan prestasinya  ke sekolah lain,” kata Riadil Akhir Lubis ketika menerima Kepala SD Negeri 028230, Nuraini, Kepala SMP Negeri 9 Edi Saputra, Kepala Badan Lingkungan Hidup Aspian  dan Kepala Dinas pendidikan Dwi Anang Wibowo, di ruang kerja Pj Walikota Binjai, Senin(29/12) sore.    

Pj. Walikota Binjai berjanji akan datang ke sekolah  untuk memberikan apresiasi kepada para guru dan siswa dan melihat langsung bagaimana upaya pelestarian lingkungan yang telah dilakukan.

Kepala BLH Aspian menjelaskan penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah  yang berbudaya lingkungan. Dimana pendidik  dan siswa  bersinerji  melaksanakan upaya  berbudaya lingkungan seperti membuang sampah ditempat yang disediakan, mengolah sampah menjadi  kompos, dan melakukan daur ulang sampah.

Menurut Kepala SMP Negeri 9 Edi Saputra, di sekolahnya setiap  Sabtu   siswa  mempunyai kegiatan mencacah  sampah untuk  diolah menjadi kompos. Kompos digunakan di kebun pembibitan milik sekolah, ada pula  yang dijual kepada  para petani  di sekitar sekolah  dengan harga Rp. 5  ribu perkemasan 5 kg.