Diguyur Hujan Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember tetap Hikmat

Binjai, Sabtu, 10 Nopember 2012, Hari Pahlawan diperingati di Binjai. Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, selaku inspektur upacara memimpin upacara peringatan hari pahlawan 10 Nopember 2012 di lapangan Mapolres Binjai, Jl. Hasanuddin. Walikota dalam amanat Menteri Sosial RI, Dr. Salim Segaf Al Jufri, MA, mengatakan bahwa peringatan hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang. Ini sesuai dengan ungkapan seorang the fonding fathers yakni “ hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar”.

Hari Pahlawan 10 Nopember diperingati untuk mengenang pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, perjuangan heroik ini terjadi karena penjajah dan sekutunya ingin kembali menguasai bumi Indonesia yang telah diproklamirkan 17 Agustus 1945. Dalam pertempuran ini banyak korban jiwa berjatuhan dari arek-arek suroboyo.

Semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukkan dalam pertempuran 10 Nopember hendaknya dapat dihayati dan menjadi inspirasi untuk mengisi kemerdekaan.

Peringatan hari Pahlawan tahun 2012 yang bertema” Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera”, menjadi momentum Bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu Negara.

Permasalahan saat ini kita hadapi, kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, korban bencana, hingga tawuran/perkelahian antar warga dan pelajar telah menimbulkan korban jiwa dan harta-benda, yang telah terjadi sangat memprihatinkan. Hal ini memerlukan perhatian serta keseriusan bersama untuk mencari solusi guna mengatasi berbagai masalah sosial tersebut dan upaya-upaya lain. Keinginan dan harapan kita untuk dapat tampil dan berprestasi di bidang olah raga, seni budaya, akan memerlukan semangat Kepahlawanan yang kuat, seperti, cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong. Hal ini mernjadi motivasi dan modal sosial untuk mengatasi berbagai masalah sekaligus memacu mewujudkan keinginan dan harapan kita bersama.

Dalam kesempatan ini Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, berterimakasih, salut, bangga kepada seluruh peserta upacara, baik PNS, Pelajar, TNI, POLRI, OKP, para pejuang, Veteran dan sebagainya . Meskipun hujan turun suasana  berlansung hikmat , tak seorangpun meninggalkan lokasi upacara dan hujan bukanlah penghalang untuk mengikuti upacara. Ini menjadi contoh dan teladan seiring peringatan hari Pahlawan dimana para pejuang tanpa pamrih, tak mengenal lelah mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan  dilanjutkan dengan Ziarah Nasional ke Makam Pahlawan Syuhada Binjai bersama Walikota dan unsur Muspida kota Binjai dan dihadiri oleh PNS, TNI, POLRI, Pramuka.

Peringatan Hari Pahlawan  dilanjutkan dengan Ziarah Nasional ke Makam Pahlawan Syuhada Binjai bersama Walikota dan unsur Muspida kota Binjai dan dihadiri oleh PNS, TNI, POLRI, Pramuka.

Pada peringatan ini juga Pemko Binjai memberikan bantuan sosial untuk Veteran ( LVRI ), Koveri, dan DAC45. berupa paket sembako ( beras,gula,dan minyak goring ) sebanyak 180 paket. Bantuan ini diserahkan langsung oleh walikota binjai beserta sekda dan ibu ketua TP PKK Kota Binjai, Ny.Lisa Andriani HM.Idaham di gedung veteran binjai Jl. Samanhudi.

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa terima kasih kepada veteran dan pejuang yang telah berjuang untuk kemerdekaan republik Indonesia. Pemberian ini sangat kecil nilainya dibandingkan dengan pengorbanan pejuang namun dimasa depan akan ditingkatkan jumlahnya.