Cuci Tangan Pakai Sabun Memperingati 55 Tahun GOPTKI

Binjai (Humas)
Hari Ulang  Tahun (HUT) ke -55  Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) diperingati di Binjai, Rabu (27/6) dipusatkan di aula  kantor Walikota Binjai. Acara dihadiri Walikota HM Idaham SH MSi, penasehat GOPTKI Kota Binjai ny Lisa Andriani Idahan, ketua GOPTKI Kota Binjai  ny.Nani Susilawati Timbas, sekda  Drs. H Iqbal Pulungan SH MAP, pimpinan  instansi,  pengurus GOPTKI se-Kota Binjai, para pengelola TK  dan PAUD.

Sesuai  tema HUT  yaitu “Membudayakan Perilaku Hidup  Bersih dan Sehat  Sejak Usia Dini untuk Mewujudkan Indonesia Sehat,”  pada peringatan kali ini  digelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan gigi dan cuci tangan pakai  sabun, dan pengelolaan sampah di sekolah.

Walikota M Idaham beserta  istri  mempraktekkan cara  mencuci  tangan  pakai  sabun secara  benar. Urusan mencuci tangan  tampaknya   memang sepele namun ternyata  banyak manfaatnya.  Caranya pun tak  asal saja karena ada tahapan yang   harus dilakukan.  yaitu dimulai dengan membasahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang  mengalir, berikan sabun lalu gosok hingga rata. Kemudian gosok telapak dan punggung tangan, sela- sela jari, ibu jari   dan pergelangan   kedua  belah tangan selama 10-15   detik. Terakhir tangan dibasuh dengan air bersih yang mengalir  lalu   tangan dilap dengan lap tangan atau tisu yang  bersih dan kering .

Walikota M Idaham  juga menyerahkan tong cuci  tangan bantuan  GOPTKI   kepada 40 pengelola  PAUD  di kelurahan  percontohan.

Sedangkan  untuk sosialisasi pengelolaan sampah di sekolah menghadirkan narasumber Ali Muryati  SAg,  peraih penghargaan   kalpataru untuk kategori  pengabdi lingkungan   tahun 2012.      

Walikota M Idaham  dalam sambutannya mengatakan  anak-anak   perlu dibekali  dengan karakter peduli akan pentingnya kesehatan. Dalam hal ini,  GOPTKI mempunyai peran  sangat strategis  dalam mewujudkan  manusia yang sehat  melalui penanaman  perilaku hidup bersih  dan sehat kepada anak usia dini. Dalam mengoptimalkan peran GOPTKI, Walikota  M  Idaham minta  agar SKPD terkait turut mendukung.

ket foto  : walikota  Binjai HM Idaham menyerahkan  menyerahkan tong cuci  tangan bantuan  GOPTKI  Kota Binjai  kepada pengelola  PAUD  di kelurahan  percontohan.