Calon Haji Binjai Ikuti Manasik Akbar

Calon Haji Binjai Ikuti Manasik Akbar

Binjai (Humas Pemko)

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi membuka secara resmi kegiatan manasik akbar dan menepungtawari calon haji Kota Binjai Tahun 1438 H/2017, Senin (24/7) bertempat di Pendopo Umar Baki jalan Veteran Binjai. Kepada para calon haji, Walikota berpesan agar menjaga kesehatan dan banyak belajar tentang pelaksanaan ibadah haji.

“Hal yang perlu kita sadari bahwa pelaksanaan ibadah haji bukan hanya sejauh mana niat kita dalam melaksanakannya, akan tetapi juga sebesar apa kesiapan lahir dan batin kita untuk melaksanakannya,“ kata Idaham.

Walikota HM Idaham juga mengharapkan manasik akbar ini menjadi sarana perekat rasa kekeluargaan dan silaturahim sesama calon haji asal Binjai. Dengan terjalin silaturahim tentunya akan semakin memudahkan pelaksanaan ibadah di tanah suci nantinya,

“Dengan terciptanya ukhuwah di tengah –tengah jemaah calon haji, maka setiap jamaah dapat saling mengisi, saling berkomunikasi, saling membantu dan mengawasi, “ ungkap Idaham.

Kepala kantor Kementerian Agama Kota Binjai Al Ahyu mengatakan, tujuan kegiatan bimbingan manasik haji akbar dan tepung tawar calon jamaah haji Kota Binjai Tahun 2017, untuk memberikan pemahaman yang utuh dan mewujudkan haji yang mandiri. Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari dimulai tanggal 24 hingga 25 Juli.

Calon jamaah haji kota Binjai tergabung dalam kloter 10 berjumlah sebanyak 315 orang, terdiri dari 118 pria dan 197 perempuan. Jamaah rencananya akan masuk asrama haji pada tanggal 6 Agustus, berangkat ke tanah suci pada tanggal 7 Agustus dan akan tiba kembali di tanah air pada tanggal 17 September.

"Calon jamaah haji laki-laki yang tertua berusia 78 tahun dan calon jamaah haji wanita tertua berusia 80 tahun. Sedangkan untuk calon jamaah haji termuda laki-laki berusia 21 tahun, dan wanita 33 tahun," papar Al Ahyu.

Ketua DPRD Zainuddin Purba yang bertindak sebagai Ketua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) kota Binjai mengatakan kepada calon jamaah haji agar lebih sabar dan memperbanyak hafalan surat pendek.

"Para calon jamaah haji saya harapkan perbanyak bersabar ketika di tanah suci, karena semua maunya kita belum tentu bisa terlaksana. Daripada bicara yang tidak-tidak didalam hati, lebih bagus perbanyak hafalan surat pendek," ungkapnya

Turut hadir Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu, Kepala BNNK AKBP H Safwan Khayat, Kepala Pengadilan Negri Binjai Fauzul Hamdi.