BINJAI SUKSES GELAR SMART CYCLE COMMUNITY 2013

Binjai (Humasy)

Pemko Binjai bekerjasama dengan Forum Persahabatan Sumatera dengan Jepang menggelar Smart Cycle Community di Kelurahan Paya Roba Kecamatan Binjai Barat, Minggu (29/12). Pelaksanaan Smart cycle Communty berlangsung dari rute Medan menuju Binjai, dari perbatasan Binjai peserta goes smart cycle community disambut oleh Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si menuju Pendopo Umar Baki. Hadir juga Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, ketua TP.PKK Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham dan pimpinan SKPD.

Walikota dalam sambutannya mengatakan akan menjadikan kota Binjai sebagai Smart Town. Kota Binjai dijadikan kota yang bersih lingkungan dengan pengelolaan sampah yang berguna untuk masyarakat. Walikota mengatakan akan mencontoh kota Kitakyushu di Jepang yang berhasil mengelola seluruh sampah menjadi barang yang berharga. Kota Kitakyushu salah satu kota di dunia dimana emisi karbon C02 terendah di dunia. Lanjut Walikota bahwa transfer pengetahuan akan terjalin antara kota Kitakyushu dengan kota Binjai. Bersepeda merupakan salah satu cara untuk hemat energi, mengurangi emisi karbon C02.

Konsulat Jenderal Jepang Puji Hamada mengatakan bahwa sampah di Jepang sangat berharga karena dapat diolah menjadi enerji dan barang ramah lingkungan. Dengan adanya kerjasama antara Pemko Binjai dan Jepang yang diprakarsai oleh Panasonic,  khususnya kota Kitakyushu akan dapat menjadikan kota Binjai sebagai kota terbersih, teratur dan modern. Lanjut Puji agar kerjasama people to people akan terus berlanjut.

Vice President Panasonic Manufacture Heru Susanto mengatakan bahwa Kota Kitakyushu di Jepang berhasil mengurangi emisi karbon C02 sebesar 20 %. Binjai diharapkan hanya 10 tahun akan dapat mengelola lingkungan. Pengelolaan lingkungan khususnya yang baik akan dapat mengatasi krisis listrik, krisis lingkungan dan krisis air. Pemko Binjai sangat peduli dengan pengelolaan lingkungan. Pemko akan membangun fasilitas bersepeda untuk masyarakat, hal ini sangat mengembirakan imbuh Susanto.

Pemko Binjai dan Smart Cycle Community juga mengadakan gotong royong membersihkan lingkungan Kelurahan Paya Roba. Penanaman pohon pucuk merah untuk penghijauan. Dalam kesempatan ini juga pihak Panasonic dan goes club memberikan bantuan 10 buah pompa air listrik dan 200 buah sandal untuk  Mesjid, Musholla dan masyarakat Kelurahan Paya Roba.