Binjai Ikuti City Expo di Dumai

Binjai (Humas)

Pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke X tahun 2014 mengenai kesiapan Pemerintah Kota dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015, Pemerintah Kota Binjai turut serta mengikuti kegiatan city expo yang digelar di Taman Bukit Gelangang Kota Dumai, Rabu (21/5) sore.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai HT Syarifuddin mengatakan Kota Binjai sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

Beberapa hal yang sudah mulai dipersiapkan diantaranya mulai melakukan pembenahan khususnya dalam pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) agar para pelaku home industri dapat bersaing memasuki pasar bebas.  Beberapa komoditi dari Kota Binjai yang sudah siap bersaing yaitu konveksi, tenunan, alas kaki, sepatu dan kerajinan bambu.

Dijelaskannya salah satu hasil UKM dari Kota Binjai yang sudah sangat siap untuk memasuki ASEAN Economic Community 2015 nanti adalah kerajinan bambu.

“Hasil UKM dari Kota Binjai yang paling menonjol adalah kerajinan bambu, dimana para pengrajin sudah mampu untuk membuat tempat tidur, sofa, kursi, meja tulis dan masih banyak lagi jenisnya yang kesemua bahan baku utamanya dari bambu,” jelas Syarifuddin.

Bahkan untuk kerajinan bambu sudah banyak dijual ke luar negeri termasuk ke negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura.

“Selain dibidang kerajinan UKM dari Kota Binjai bumbu masakan seperti bumbu kari dan bumbu ikan juga sudah mulai merambah ke Singapura dan bahkan sudah mendapat sertifikat ISO,” tambah Syarifuddin.

HT Syarifuddin berharap  kedepannya Kota Binjai bisa menjadi sentra industri khususnya home industri.

Pada acara city expo Kota Binjai turut memperkenalkan hasil UKM dari kerajinan bambu dan rotan, aneka handicraft, kerajinan manik-manik, kerajinan bordiran dan rajutan, kerajinan tenun tradisional, kerajinan bunga kering daun jagung serta turut menjual jambu madu deli.

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan  memberikan bibit pohon rambutan kepada Walikota Dumai H Khairul Anwar sebagai buah tangan dari Kota Binjai.