BINJAI AKAN BANGUN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH TANGGA

Binjai, Rabu (24/7) Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si sangat mendukung pembangunan Pengelolaan Limbah Sistem Perpipaan Kota Binjai ( Small Scale Severage System). Hal itu dikatakan Walikota ketika menerima kunjungan Konsultan IUWASH-USAID di rumah dinas Walikota Binjai. Hadir juga Kepala Bappeda Junaidi Muslim, Dir. PDAM Tirtasari Yusmansyah, MBA, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Wahyudi, SH, Camat Binjai Kota, Kabag Humas Zulfikar, S.Sos, BLH, dari IUWASH Dr. Yahdi, USAID Ir. Zulkifli Kahar.

Pembangunan Pengelolaan Limbah Sistem perpipaan ini akan dibangun di 3 Kelurahan Tangsi, Kelurahan Binjai, Kelurahan Pekan Binjai Kecamatan Binjai Kota tahun 2014. Pembangunan Pengelolaan Limbah ini didasarkan atas hasil studi EHRA bahwa tangki septik terdeteksi tidak aman karena pengurasan (sedot tinja) dilakukan 10 tahun sekali. Masyarakat juga masih ditemukan membuang buang air besar (BAB) ke sungai dan cubluk. Masyarakat di 3 Kelurahan itu mendukung pembangunan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga.

Untuk mengatasi hal ini pemerintah melalui direktorat PLP, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum akan membangun Pengelolaan Limbah Sistem Perpipaan . Pemko Binjai telah menyiapkan lahan bagi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), penyusunan Regulasi Pengelolaan Limbah Rumah Tangga dan Pembentukan UPTD Pengelolaan Limbah Rumah Tangga. Walikota mengatakan bahwa salah satu tujuan pembangunan Millennium Development Goals (MDGs) adalah Ketersediaan air bersih bagi penduduk sebanyak 70 % pada tahun 2015. Prinsisp-prinsip pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan wawasan lingkungan. Pemko Binjai berkomitmen kuat untuk pembangunan berwawasan lingkungan, sungai di Binjai masih bersih dan layak dikonsumsi bahkan dapat memberikan kontribusi untuk kota Medan, sehingga kelestarian dan kebersihan air sungai harus dijaga secara terus – menerus. Walikota juga memberikan masukan agar pasar Tavip juga dibangun IPAL untuk mengatasi limbah cair dari pasar ikan. Pihak IUWASH sangat berterimakasih dengan komitmen Walikota untuk pembangunan sanitasi dan air bersih serta pengelolaan air limbah rumah tangga. Binjai dapat dijadikan pencontohan (Pilot Projec) di Sumatera Utara.