Binjai Tampilkan Atraksi dan Prestasi pada Malam Kesenian PRSU

Binjai(Bagian Humas)

Kota Binjai  memiliki beragam suku, etnis dan budaya, namun  masyarakatnya hidup berdampingan dengan damai, saling menghormati  dan bergotong royong. Laksana intisari Bhineka Tunggal Ika,  keragaman  dalam kebersamaan itu  tergambar dalam  tari multi etnis yang akan   memeriahkan Malam Kesenian Binjai di open stage  Pekan Raya Sumatera Utara, pada Sabtu (28/3) malam nanti.

Kepala dinas Pariwisata pemuda dan olahraga Kota Binjai, Eka  Edi Saputra, didampingi  kabag perekonomian Ahmad  Ilham, kabag humas Hendrik Tambunan,  di Binjai, menjelaskan  Binjai  juga akan menampilkan tari dan lagu Deli Negeri bertuah  yang menggambarkan kehidupan masyarakat Melayu Deli  yang sangat menjunjung nilai gotong royong dan saling percaya.

“ Utusan  kota Binjai   menampilkan tarian ini pada  Festival Parade Musik dan tari se- Nusantara   pada  5-6 Desember 2014 di TMII   dan berhasil  mendapat penghargaan  katagori Penyaji Unggulan terbaik,” jelas Eka.

Pada Malam Kesenian  ini  memang   tidak sekedar menampilkan  atraksi seni saja, tapi juga prestasi  yang  telah diraih  putra putri Binjai.  Untuk tari  Serampang XII  akan dibawakan oleh penari Binjai  yang meraih   juara  pada festival   Tari Serampang XII  se- Nusantara  tanggal 15-16  Nopember 2014  di TMII. Yaitu  juara Harapan III katagori  Muda-Muda atas nama M. Abd Thoyeb dan Kania Isfahani, dan Juara Harapan I katagori  Muda Mudi atas nama Annisa Utama dan Wirdha Adillah Pane.    

Akan ditampilkan pula  pertujukan barongsai (Tionghoa), tari Sihutur Sanggul (Batak Toba), tari Klono Sewandono ( Jawa), tari Torang Nibulan (Mandailing), tari Uis Sigara (Karo), tari Baiiring Basamo (Minangkabau). Ada pula  fashion show  menampilkan  busana terbuat dari bahan daur ulang. Karena  itu Eka  mengajak  warga Binjai untuk berbondong bondong  datang  ke PRSU pada Sabtu malam nanti.