Binjai akan Tambah Puskesmas Rawat Inap

Binjai (Humas)
Pemerintah Kota Binjai akan meningkatkan status puskesmas Kebun Lada dan Puskesmas Jati Utomo menjadi  puskesmas rawat inap. Dengan peningkatan status  dua  puskesmas  tersebut maka  Kota  Binjai akan  memiliki empat  puskesmas  rawat  inap. Dua  puskesmas  rawat inap yang sudah  beroperasi  sebelumnya  yaitu Puskesmas Tanah Tinggi di jalan Cut Nyak Din kecamatan Binjai Timur  dan Puskesmas H.A.H. HASAN di jalan HAH Hasan  Kecamatan Binjai Barat.

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi  disela peninjauan kegiatan  bakti sosial dalam rangka HUT ke-142 Kota Binjai di Puskesmas Tanah Tinggi, Rabu (14/5)   mengatakan puskesmas  Kebun Lada nantinya khusus menangani pasien anak dan penyakit dalam.  Sedangkan Puskesmas Jati Utomo akan menjadi puskesmas  khusus kecelakaan, yang melakukan rawat inap serta pertolongan cepat terhadap para korban kecelakaan lalu lintas.

“Tahun ini kita tambah dua puskesmas rawat inap   dan tahun 2015  ditargetkan  Kota Binjai   akan memiliki  delapan puskesmas rawat  inap. Sedangkan puskesmas pembantu Tanah Seribu  akan dijadikan sebagai model percontohan puskesmas yang menggunakan energi  dari tenaga surya”  kata Walikota HM  Idaham.

Selain meninjau kegiatan bakti sosial sunat massal dan pengobatan gratis memperingati   HUT Kota Binjai,  Walikota  HM Idaham  juga meninjau  ruangan dan fasilitas di Puskesmas  Tanah Tinggi. Didampingi  ketua Tim Penggerak PKK  ny Lisa Andriani Idaham, Asisten bidang ekonomi pembangunan Hamdani Hasibuan, plt kepala dinas kesehatan dr. Melyani Bangun, kepala badan KB  dr. Agusnadi Talah,   Walikota   meninjau  kamar pasien  yang  dilengkapi  AC, ruang operasi, alat  USG dan  laboratorium kesehatan, serta berbincang-bincang  dengan warga yang sedang berobat.

Kepada Walikota , warga menyampaikan rasa gembira  dengan adanya  puskesmas rawat inap  ini  karena tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit  umum, pelayanannya pun cukup baik  dan fasilitasnya lengkap. terlihat ada beberapa ibu  hamil datang untuk melakukan pemeriksaan USG. Tak  heran, jumlah kunjungan pasien  berobat  di puskesmas Tanah Tinggi  terus meningkat, terlihat rata-rata perhari sebanyak 25 orang dewasa dan 15 anak-anak

“Bisa dilihat sendiri  kamarnya  bersih dan berAC, tidak  kalah dengan ruang rawat inap rumah sakit swasta di Medan. Pemerintah kota Binjai akan melakukan yang terbaik, yang terpenting adanya dukungan  masyarakat  untuk ikut  merasa memiliki puskesmas ini, “ papar  walikota HM Idaham  .