Atasi tawuran dengan Gerakan Pramuka

Binjai(Humas)
Hari ulang tahun ke-51 Gerakan Pramuka  diperingati oleh  Kwartir  daerah Kota Binjai dengan upacara yang dipusatkan di Lapangan  SMA negeri 2 Binjai, Jalan Padang, Jumat (28/9). Upacara  berlangsung  hikmad  dengan Inspektur upacara   Wakil Walikota Binjai yang juga  ketua Kwarda Kota Binjai Timbas tarigan SE. Pada   upacara  tersebut   diserahkan satya lencana   dan  piagam  penghargaan kepada  24  orang  yang   dinilai telah berjasa  terhadap pembinaan  Pramuka  di Kota Binjai.    

Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) Gerakan Pramuka Prof Dr dr Azrul Azwar MPH dalam sambutan tertulisnya dibacakan  Wakil walikota Timbas Tarigan  mengatakan gerakan Pramuka  mempunyai peranan besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, yang pada saat ini telah menjadi dambaan utama masyarakat Indonesia. Dengan perasaaan khawatir dan cemas, kita mengikuti di media massa pelbagai berita tentang kejahatan, korupsi, kekerasan, tawuran dan kriminilitas serta berbagai peristiwa lainnya yang dapat mengancam tidak hanya kaum muda tetapi juga masa depan berbangsa dan bernegara.

“Untuk mengatasinya adalah tepat jika kita semua dapat lebih memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, yaitu nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong menolong, gotong royong, bertanggung jawab, disiplin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, “kata Asrul Azwar.

Karena  itulah, kata  Asrul Azwar, gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman, untuk  membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak serta selalu bersatu. Karena pemuda demikianlah, yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik.