Anak Harus Dipersiapkan untuk Mampu Menjawab Tantangan Jaman

Binjai (Bagian Humas)

Pemerintah Kota Binjai memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan menggelar upacara diikuti ratusan guru dan pelajar, di lapangan Merdeka Binjai, Senin (2/5). Walikota Binjai HM Idaham SH MSi bertindak sebagai inspektur upacara. Turut hadir Kapolres Binjai AKBP Mulya Hakim Solichin, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Roy Hansen Sinaga, ketua DPRD Zainuddin Purba..

Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan pada sambutan tertulis dibacakan Walikota Binjai HM Idaham mengatakan revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja, cara kita belajar. Kita harus memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak –anak kita untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

“Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya,” kata Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. Karakter terdiri dari karakter moral antara lain nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun dan karakter kinerja antara lain kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Kedua bagian karakter ini harus tumbuh secara seimbang.

“ Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas, keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat” tegasnya.

Sedangkan literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya. Tak kalah penting adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi.

Selesai upacara Walikota HM Idaham didampingi unsur Forkopimda menyerahkan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba dalam rangka Hardiknas serta meninjau pameran pendidikan yang menampilkan berbagai karya siswa.