Ada Repvblik Band , Inilah Agenda Hari Jadi Kota Binjai ke -145 Binjai

(Humas Pemko)

Kota Binjai akan berusia 145 tahun pada 17 Mei nanti. Pemerintah Kota (Pemko) Binjai pun menggelar berbagai kegiatan untuk merayakannya, mulai dari pertandingan olahraga, bakti sosial, pameran, zikir dan doa bersama serta hiburan menampilkan Band Repvblik dari Jakarta .

Kepala Bagian Humas Setdako Binjai Rudi Iskandar Baros, di Binjai, Jumat (12/5/2017) menyebutkan rangkaian peringatan Hari Jadi dilaksanakan sejak tanggal 4 hingga 19 Mei.

Kegiatan pertama digelar adalah pertandingan bola volley putra putri pada 4 Mei lalu. Selain itu,ada pula senam lansia, pertandingan bulu tangkis dan tenis meja putra putri, futsal putra, catur putra putri.

Rudi Iskandar merincikan, pada tanggal 12 Mei dilaksanakan sunat massal di Puskesmas Kebun Lada, Puskesmas Tanah Tinggi, Puskesmas HAH Hasan, Puskesmas Rambung, Puskesmas Binjai Kota. Serta bedah buku kilas sejarah Perjuangan Pra dan Pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Kota Binjai. Pada tanggal 13 Mei akan dimulai Pameran Binjai Nasional Expo , berlangsung di Lapangan Merdeka Binjai.

“Pameran akan berlangsung hingga tanggal 17 Mei diikuti peserta UKM dari Binjai dan luar daerah,” kata Rudi. Selanjutnya, jelas Rudi pada tanggal 14 Mei dilaksanakan lomba marching band di Lapangan Merdeka. Pada tanggal 15 Mei ada pemeriksaan IVA test dan pelayanan KB di Puskesmas, kegiatan donor darah di aula Dinas kesehatan dan operasi bibir sumbing di RSUD Dr Djoelham.

Pada hari yang sama di Lapangan Merdeka digelar pagelaran budaya penampilan sekolah dan sanggar. Sedangkan pada tanggal 16 Mei penampilan kesenian daerah reog dan debus, serta penampilan tim kesenian dari Banda Aceh dan Kuala Lumpur. Adapun puncak peringatan hari jadi pada 17 Mei dimulai dengan rapat paripurna di Gedung DPRD, dilanjutkan dengan resepsi di Pendopo Umar Baki dan pada malam harinya di Lapangan Merdeka akan tampil Repvblik Band menghibur masyarakat Kota Binjai.

Selanjutnya kegiatan tausiyah, dzikir dan doa bersama berlangsung pada tanggal 18 Mei di mesjid Agung. Dzikir dan doa bersama dipimpin Ustad DR KH Amiruddin MS dan tausiyah oleh Ustad Prof. DR H Muzakir, MA. Rangkaian kegiatan hari jadi akan ditutup dengan doa bersama seluruh unsur agama pada 19 Mei di Pendopo Umar Baki. Rudi Iskandar mengundang masyarakat Binjai untuk hadir dan memeriahkan acara yang digelar.

“Semoga dengan peringatan Hari jadi kota Binjai ke 145, seluruh masyarakat Kota Binjai akan semakin mencintai dan merasa memiliki kotanya. Mari kita satukan tekad untuk menjadikan Binjai smart city,” kata Rudi Iskandar.