82 CPNS Pemko Binjai Ikuti Diklat Prajabatan

Binjai (Humas)
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi diwakili Asisten Pemerintahan  H. Amran SH MHum membuka pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan calon pegawai negeri sipil daerah pengangkatan honorer, Senin (2/6) pagi di aula pemko Binjai.  Diklat  diikuti  82 orang peserta terdiri  golongan  II sebanyak 43 orang dan  golongan I sebanyak 39 orang dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan I berlangsung  mulai tanggal 2 Juni sd 19 Juni 2014 dan angkatan II  dari tanggal 9 Juni sd 26 Juni 2014 berlangsung  di gedung diklat pemko Binjai jalan WR Mongonsidi no 24 Binjai.

Walikota Binjai HM Idaham dalam sambutan tertulis  mengatakan  diklat prajabatan  merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS dan  bagi CPNS wajib mengikuti dan lulus  diklat prajabatan untuk diangkat  sebagai pegawai negeri sipil. Adapun sosok pegawai negeri yang diharapkan adalah pegawai negeri yang memiliki kompetensi, penuh kesetiaan dan ketaan kepada Pancasila  dan UUD 1945  dan Negara kesatuan RI, professional, berbudi luhur, berdaya guna, berhasil guna, sadar akan tanggungjawab sebagai unsur aparatur negara, abdi masyarakat  dan abdi negara.  

Ditambahkan oleh walikota HM Idaham keberhasilan  dalam diklat  tergantung pada keseriusan dan peran aktif serta  sikaf mental  setiap peserta dalam mengikuti setiap program pembelajaran dan mengikuti ketentuan dan tata tertib  yang telah ditetapkan.

Menurut  kepala BKD Kota Binjai Drs. Amir Hamzah MAP diklat prajabatan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan  dasar tentang sistem  penyelenggaraan  pemerintahan Negara, bidang tugas dan budaya organisasi  agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Diklat dilaksanakan  bekerjasama dengan Badan diklat provinsi Sumatera Utara  dan metode pembelajaran  yang digunakan adalah ceramah dengan tanya jawab, diskusi kelompok  dan simulasi / role playing.