500 PNS Mengambil Sumpah/Janji PNS



Binjai, 11 September 2012, Sekretaris Daerah Kota Binjai, Drs. H. Iqbal Pulungan, SH, M.AP, mengambil sumpah / janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemko Binjai di Gedung Olah Binjai (GOR) Jl. Jambi Binjai. Adapun jumlah PNS yang dilantik sebanyak 500 Orang terdiri dari Agama Islam sebanyak 365 orang, Kristen sebanyak 135 orang. Dalam sambutan Walikota yang dibacakan oleh Sekdako mengatakan bahwa pengambilan sumpah / janji PNS merupakan salah satu amanat dari undang – undang no.43 tahun 1999 tentang pokok – pokok kepegawaian dan peraturan pemerintah RI No.21 tahun 1975 tentang sumpah/janji PNS khususnya pasal 1 yang menyatakan bahwa setiap calon PNS segera setelah  diangkat menjadi PNS wajib mengangkat sumpah/janji PNS menurut agama/kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sumpah / janji adalah bentuk pernyataan atas kesanggupan untuk mentaati keharusan atau untuk tidak melakukan larangan yang telah ditentukan, dan diikrarkan dihadapan atasan yang berwenang menurut agama dan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. PNS harus mampu menempatkan posisinyasebagai seorang aparatur Pemerintah dan abdi masyarakat baik dilingkungan kerja maupun ditengah-tengah masyarakat.

PNS harus memahami dan mengetahui segala bentuk dan jenis peraturan perundang-undangan yang terkait dengan kepegawaian dan tugas pokok, fungsi PNS. Masalah kewajiban disiplin PNS sangat mendapat sorotan masyarakat. PNS harus menjadikan sikap disiplin sebagai budaya. Ini dipertegas dengan peraturan pemerintah no.53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Dengan disiplin akan terwujud keberhasilan penyelenggaraan program unit kerja dan keberhasilan penyelenggaraan Pemda secara umum. PNS juga dituntut untuk dapat menunjukan sikap dan perilaku yang patut diteladani ditengah – tengah pergaulan masyarakat, agar PNS berwibawa, bermartabat dan nama baik Korps PNS dan Pemko Binjaidapat dibangun dan terjaga dengan baik. Pada akhir sambutan Iqbal Pulungan mengajak seluruh PNS untuk sungguh-sungguh melaksanakan amanah yang diemban, kegiatan sumpah/janji bukan hanya seremonial belaka saja. Pemko akan tegas menindak pelanggaran, ini dibuktikan sudah ada yang dipecat dan sedang proses pemecatan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Binjai, Drs. Amir Hamzah, M.AP dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pengambilan sumpah/janji PNS adalah dalam rangka usaha pembinaan PNS, yang bersih, jujur, dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur Negara, abdi Negara dan abdi masyarakat, wajib untuk mengangkat sumpah/janji PNS sesuai agama/kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Adapun sumber dana kegiatan ini bersumber dari APBD kota Binjai tahun anggaran 2012.