4 Ribu Peserta Meriahkan Pawai Ta’aruf dan Karnaval Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi ke 34 Binjai

Binjai, Sebanyak 4 ribu peserta yang terdiri dari para kafilah dan kontingen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Utara ke 34 turut memeriahkan pawai ta’aruf dan karnaval bertempat di depan rumah Dinas Walikota Binjai Jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota, Sabtu (10/5) pagi.

Turut hadir menyaksikan pawai ta’aruf dan karnaval pembukaan MTQ tingkat Provinsi Sumut ke 34 yaitu Wakil Gubernur Sumatera Utara T Ery Nuradi, Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Sekdako Binjai Elyuzar, Ketua DPRDD Kota Binjai Zainuddin Purba, Kapolres Binjai AKBP Marcellino Sampouw, Ketua TP PKK Kota Binjai Lisa Andriani Idaham dan seluruh kepala SKPD Pemerintah Kota Binjai.

Seluruh peserta pawai ta’aruf dan mobil karnaval akan di arak berkeliling Kota Binjai menuju mimbar umum yang berada di Jalan Bejomuna Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur.

Sebanyak 33 Kabupaten/Kota yang mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumut ke 34 yaitu Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Nias, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten pak-pak Barat, Kabupaten Humbahas, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batubara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Labusel, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara,.

Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar, Kota Tanjung Balai, Kota Sibolga, Kota Padang Sidempuan, Kota Gunung Sitoli dan Kota Binjai. Selain berasal dari 33 Kabupaten/Kota terdapat beberapa kafilah yang berasal dari Perkebunan Lonsum, Perguruan Tinggi Sumut dan dari PTP.

Wakil Gubernur Sumut T Ery Nuradi mengatakan tahun 2014 Kota Binjai berkesempatan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi yang ke 34, sebagaimana diketahui bahwa MTQ Tingkat Provinsi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 tahun sekali.

‘Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan MTQ ini dapat menambah sisi relizi yang tentu sangat kita harapkan, karena pembangunan fisik saja tidak diperlukan tanpa adanya pembangunan rohani, salah satunya dengan kegiatan MTQ ini,”  jelas T Ery.

“Dengan adanya kegiatan MTQ ini saya berharap para kafilah yang tentunya sudah cukup lama menanti perlombaan yang digelar 2 tahun sekali diharapkan mereka dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan menampilkan keunggulan dan keahlian yang dimiliki, dan yang paling saya harapkan MTQ ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar dan tentunya bisa menambah semangat relizi bagi seluruh masyarakat Sumut,” harap T Ery.

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi sangat berharap Kota Binjai yang menjadi tuan rumah MTQ ke 34 Provinsi Sumut dapat menampilkan para kafilah yang terbaik, sehinga nantinya kafilah Kota Binjai bisa meraih juara umum.

“Sebagai tuan rumah saya berharap kita bisa menjadi tuan rumah yang terbaik dan mampu memberikan kesan yang baik kepada seluruh kafilah yang berasal dari Kabupaten/Kota lain, dan saya berharap MTQ ke 34 Provinsi Sumut dapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang dapat dikirim ke tingkat Nasional,” harap Idaham.

Antusias Masyarakat Sangat Tinggi
Meski pada acara pawai ta’aruf dan karnaval mobil hias Kota Binjai diguyur hujan deras, namum antusias seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan sangat tinggi, ditambah dengan adanya penampilan marcing band dari berbagai daerah yang semakin menambah antusias masyarakat Binjai yang ingin menyaksikan.