Sosialisasi Kampung Literasi Kota Binjai

POSTING 25 Oktober 2018

Di Posting Oleh admin

Sosialisasi Kampung Literasi Kota Binjai

Binjai, (Humas Pemko)

Sosialisasi kampung literasi diselenggarakan guna menyampaikan informasi dan pemahaman kepada seluruh pimpinan OPD, PKK, dan generasi muda, terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan kampung literasi. 

"Di tahun 2018 ini kita akan meresmikan kampung literasi di tujuh kelurahan, yakni Kelurahan Pujidadi, Bhakti Karya, Tanah Seribu, Sumber Karya, Damai, Suka Ramai dan Binjai Estate," ungkap Walikota Binjai, HM Idaham, yang diwakilkan oleh Asisten II Pemko Binjai Dahnial Reza, saat membuka sosialisasi kampung literasi, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Binjai, Selasa (23/10).

Dijelaskan Walikota, kampung literasi nantinya akan terus dikembangkan dan target tahun depan, kampung literasi akan diimplementasikan di seluruh kelurahan seKota Binjai. Tentunya hal tersebut membutuhkan dukungan dan kerjasama dari perangkat daerah, stake holder dan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kota Binjai. 

Implementasi kampung literasi ini adalah sebagai perwujudan pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat dengan penguasaan enam literasi dasar, yakni literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. 

"Mungkin saat ini belum semua literasi dasar dapat kita implementasikan, untuk tahap ini kita tetap mengutamakan dan memaksimalkan implementasi literasi baca tulis, karena dengan kemampuan membaca dan menulis inilah nantinya sebagai pendukung keberhasilan implementasi dasar lainnya,"  kata Dahnial. 

Walikota mengimbau untuk dapat menyatukan komitmen, agar kampung literasi ini nantinya dapat dengan mudah dikelola dan dikembangkan. 

Menambahkan, Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani M Idaham, mengatakan tinggi rendahnya minat baca atau kemampuan literasi berdampak dalam kehidupan bermasyarakat. Penumbuhan budaya baca menjadi sarana untuk mewujudkan masyarakat yang literat, dekat dengan buku dan terbiasa menggunakan bahan bacaan dalam memecahkan beragam persoalan kehidupan. 

"Literasi bukanlah sekedar kegiatan membaca dan menulis. Tetapi juga kegiatan literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Kita perlu memiliki kompetensi antara lain kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi yang ditunjang oleh karakter yang kuat," tegas Lisa.

Kegiatan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan kapasitas para relawan pegiat literasi yang dilakukan secara sistematis yang pada proses pembelajarannya dilakukan secara terpadu untuk memberikan pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan sikap dengan mengkolaborasikan teori dan praktik di bawah bimbingan narasumber yang berpengalaman dalam mengelola taman bacaan masyarakat dan mengelola program literasi yang inovatif. 

Publish by admin 382 Views



Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai