PORTAL PEMERINTAH KOTA BINJAI
www.binjaikota.go.id
46salatiga.jpg

29

Nov 2017

Pemko Salatiga Tertarik Aplikasi Binjai Smart City

By: binadm1n | Tag: binjai | Dibaca: 78 kali

Binjai (Humas Pemko)

Binjai Smart City kini telah menjelma menjadi magnet yang mampu menarik minat pemerintah kabupaten/kota di Indonesia untuk berkunjung ke Kota Binjai. Salah satunya dari Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah, melakukan kunjungan kerja untuk meningkatkan pengetahuan tentang pembangunan infrastruktur, tatacara pengaduan masyarakat dan penanganan pemeliharaan jalan.

Rombongan dipimpin Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Salatiga, Agung Hendratmoko, disambut walikota HM Idaham diruangan Binjai Command center Balaikota Binjai, Jalan Jenderal Sudirman no 6, Selasa (28/11).

Agung Hendratmoko mengatakan, sebelumnya pada awal Nopember lalu Ia telah berkunjung ke Binjai Command Center bersama dengan rombongan DPRD Salatiga. Dan kali ini Ia datang lagi bersama sejumlah pimpinan OPD dan camat karena merasa sangat tertarik dengan aplikasi smart city dan command center.

“Walikota kami sangat antusias sekali ingin datang ke Binjai, tapi pada saat -saat terakhir ada kegiatan yang tidak bisa ditinggal,“ kata Agung.

HM Idaham mengatakan dengan adanya aplikasi Binjai smart city seperti eMusrenbang, ePerizinan, eDokter dan eMasyarakat sangat membantu pemko untuk memberikan pelayanan publik sesuai harapan masyarakat. Misalnya dengan aplikasi eMasyarakat, warga yang memiliki NIK Binjai bisa menyampaikan pengaduan lewat smartphone dan bisa memantau status pengaduannya sudah direspon atau belum.

“Untuk login eMasyarakat harus pakai NIK , jadi tidak ada berita hoax,” kata Idaham.

OPD Pemko Salatiga nampak sangat terkesan melihat sistem kerja aplikasi dan Binjai command center. Antusias juga tergambar dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan saat tanya jawab dengan Sekda M Mahfullah P Daulay.

Menurut Agung Hendratmoko, Ia mulanya hanya ingin bertanya yang berkaitan dengan pekerjaan umum, justru tertarik dengan command center. Bagaimana pengadaannya, bagaimana bisa terintegrasi dan diterapkan di Salatiga.

Kunjungan kerja diakhiri dengan saling tukar cenderamata dan berfoto bersama.