PORTAL PEMERINTAH KOTA BINJAI
www.binjaikota.go.id
96maros.jpg

05

Oct 2017

Bupati Maros Kunjungan Kerja ke Binjai

By: binadm1n | Tag: binjai | Dibaca: 64 kali

Binjai, (HUMASPEMKO)

Pemerintah Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, yang dihadiri Bupati Maros, HM Hatta Rahman, beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja ke Kota Binjai, guna mempelajari Program Binjai Smart City (BSC).

Kunjungan Bupati Maros beserta rombongan disambut langsung oleh Walikota Binjai, HM Idaham, didampingi Sekdako Binjai, M Mafullah P Daulay, dan para kepala SKPD, di Aula Kantor Walikota Binjai, Rabu (4/10).

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan bahwa kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Maros, diharapkan dapat menjalin hubungan silaturahmi antara Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, dengan Pemerintah Kabupaten Sulawesi Selatan.

Walikota menjelaskan ada beberapa bangunan tua di Kota Binjai, diantaranya Masjid Raya, Vihara Budha, dan Shri Mariaman Kuil. Binjai salah satu kota yang stabil, dengan tipikal masyarakat yang sangat bersifat kekeluargaan, dimana mayoritas penduduknya beragama Islam.

"Binjai terdiri dari lima Kecamatan, dan 37 Kelurahan, Binjai merupakan kota penyangga Medan, Kabupaten Deli Serdang, dan Langkat. Kota kami sangat dinamis, 10 Oktober mendatang Bapak Presiden akan meresmikan Tol Binjai-Medan-Kualanamu," jelas Idaham.

Idaham menegaskan di periode keduanya, visi dan misi Kota Binjai yang ingin di capai yaitu mewujudkan Binjai sebagai kota cerdas, yang layak huni dan berdaya saing.

Dikesempatan itu Walikota turut mengajak Bupati Maros beserta rombongan untuk melihat ruangan Binjai Command Center, dimana Walikota turut menjelaskan, bahwa saat ini Pemko Binjai sudah menjalankan 12 aplikasi, diantaranya, e-musrenbang, e-rancangan, e-perijinan, e-dokter, e-masyarakat, e-PBB, e-warung, e-SDM, e-kliping, dan beberapa aplikasi lainnya.

Dimana seluruh aplikasi tersebut juga bisa di unduh masyarakat dari aplikasi play store dari Smart phone mereka, sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dari Pemko Binjai.

"Kami sangat siap jika Bupati Maros ingin mempelajari program kota cerdas yang telah Kami jalankan ini, Kami berharap silaturahmi ini bisa memberikan manfaat untuk Maros dan Binjai," harap Walikota.

Menanggapi penjelasan dari Walikota Binjai, Bupati Maros, HM Hatta Rahman, sangat antusias untuk bisa mempelajari sistem kota cerdas yang telah dijalankan Pemko Binjai, ia menilai Binjai cukup pantas untuk menjadi kota percontohan yang telah menjalankan smart city dengan menggunakan biaya yang sangat murah.

Dikatakannya, kunjungan ke Kota Binjai merupakan rekomendasi dari tim pencegahan KPK, yang mengatakan bahwa Binjai merupakan salah satu contoh kota yang telah menjalankan aplikasi kota cerdas yang bisa dijadikan contoh.