PORTAL PEMERINTAH KOTA BINJAI
www.binjaikota.go.id
81dw.jpg

10

Aug 2017

Orangtua Perlu Awasi Penggunaan Internet Oleh Anak

By: binadm1n | Tag: binjai | Dibaca: 78 kali

Binjai (Humas Pemko)
Para orangtua diharapkan mengawasi penggunaan internet oleh anak serta ikut menciptakan budaya INSAN atau internet sehat dan aman. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak dari dampak negatif internet, seperti pornografi, prostitusi dan perjudian.
“Bahaya internet seperti cyber gambling yang mengandung game online, konten berisi prostitusi, cyber fraud yang mengandung informasi berupa hoax, cyber broadcasting yang memungkinkan orang-orang menyaksikan penyalahgunaan videocall bersifat pribadi dan negatif serta cyber stalking sangat memudahkan terjadinya tindak kejahatan”, kata Teddy B Manurung dari PT Telkomsel Tbk Medan , selaku narasumber pada pertemuan bulanan Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai dengan tema Internet Positif , Rabu (9/8) di aula Pemko Binjai, Jalan Sudirman Kelurahan Kartini, Binjai Kota.
Teddy mencontohkan kasus seorang remaja yang memposting status lagi bete sendirian dirumah disertai tag lokasi alamat lengkap tempat tinggalnya ternyata memancing oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan seperti perkosaan dan pencurian .
Sebagai bentuk pengawasan, kata Teddy, orangtua sesekali perlu memeriksa gadget anak dan memeriksa riwayat chat atau web browsingnya. Jika gadget anak dikunci dengan password, orangtua patut curiga, bisa jadi anak mengakses situs yang tidak wajar.
“Perlu dibangun komunikasi yang baik antara orangtua dan anak terkait penggunaan gadget secara aman, “ungkap Teddy.
Ketua DWP Kota Binjai Erni Mahfullah mengharapkan setelah mengikuti sosialisasi anggota DWP dapat menjadi pengguna internet yang cerdas dan mampu menerapkan solusi menghadapi bahaya internet dan mensosialisasikannya kepada anggota yang lain.
“Selain itu, nantinya saya harapkan agar para anggota yang hadir dapat menjadi smart user dan menggunakan internet dengan bijak , lalu membimbing para anggota keluarga lainnya agar menghindari penggunaan internet secara sembarangan”, kata Erni.