PORTAL PEMERINTAH KOTA BINJAI
www.binjaikota.go.id
90hj2017.jpg

07

Aug 2017

Walikota Binjai Lepas 315 Jemaah Calon Haji

By: binadm1n | Tag: | Dibaca: 88 kali

Binjai (Humas Pemko)

Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi ,didampingi unsur Forkopimda dan SKPD di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melepas keberangkatan 315 jemaah calon haji asal Kota Binjai menuju Asrama Haji Medan, di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Minggu (6/8), pagi.

Jemaah calon haji asal Binjai tergabung kedalam kloter 10 berjumlah 393 orang, dengan rincian 315 orang berasal dari Binjai, 73 orang berasal dari Medan, dan petugas kloter sebanyak 5 orang, yang dipimpin oleh Ketua kloter H Ilyas Siregar.

Jemaah calon haji akan menginap satu malam di asrama haji Medan, dan akan berangkat ke Madinah pada hari Senin (7/8), pukul 10.55 WIB dari Bandara Kualanamu Internasional Airport, dan dijadwalkan kembali ke tanah air pada 17 September mendatang.

Walikota Binjai, HM Idaham, atas nama pribadi dan Pemko Binjai mengucapkan selamat jalan kepada para tamu Allah, mereka yang berangkat adalah manusia terpilih, setelah menunggu bertahun-tahun.

"Jadikan ini wujud syukur dan tawakal kepada Allah, selama menjalankan ibadah haji hanya dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan dalam menjalankan semua rangkaian ibadah haji," ungkap Walikota.

Walikota berpesan kepada seluruh jemaah calon haji asal Binjai selama berada di Tanah suci harus selalu mengedepankan kebersamaan, saling tolong-menolong, karena kita semua bersaudara, jangan saling membeda-bedakan karena mungkin tidak berasal dari satu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), pinta Walikota.

Dikatakan Walikota, Pemko Binjai sejak dari awal sudah melakukan pendataan kepada seluruh calon jemaah haji terkait kondisi kesehatan mereka, sehingga Pemko Binjai telah membekali seluruh jemaah calon haji dengan obat-obatan yang dibutuhkan selama di tanah suci, yang sudah dititipkan kepada petugas kesehatan yang ikut mendampingi jemaah haji.

"Dari Data yang diperoleh hampir 50 persen jemaah calon haji asal Binjai berada pada usia beresiko, hal tersebut wajar mengingat daftar tunggu yang semakin jauh. Namun Pemko Binjai sudah melakukan antisipasi jauh sebelum keberangkatan, membekali jemaah dengan obat-obatan paten yang memang sesuai dengan kebutuhan jemaah selama berada di tanah suci," ucap Walikota.

Selain memberikan fasilitas obat-obatan, Pemko Binjai juga turut memberikan fasilitas makan selama jemaah haji berada di Tanah suci, serta fasilitas ziarah di Madina dan Mekkah.

Dikesempatan itu Walikota turut mengimbau kepada seluruh jemaah calon haji, agar selama berada tanah suci untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan apabila memang tidak dibutuhkan, karena saat ini kondisi cuaca di tanah suci panas yaitu berada pada 44 derajat celcius.

"Jaga kesehatan, perbanyak minum air putih dan konsumsi buah, agar pada puncak ibadah haji nantinya seluruh jemaah calon haji asal Binjai semuanya dalam kondisi sehat, kami Pemko Binjai dan seluruh masyarakat Binjai mendoakan kesehatan dan keselamatan jemaah haji, pergi dan pulang dengan selamat dan dalam keadaan sehat," harap Walikota mengakhiri sambutannya.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai, H Abdul Manan, menjelaskan 315 orang jemaah haji asal Binjai terdiri dari 118 orang laki-laki, dan 197 orang perempuan. Jemaah haji laki-laki tertua berusia 73 tahun, dan jemaah haji wanita tertua berusia 80 tahun, jemaah haji laki-laki termuda berusia 21 tahun, dan jemaah haji wanita termuda berusia 33 tahun.

"Turut serta dalam jemaah calon haji yaitu Ketua DPRD Kota Binjai, Zainuddin Purba beserta istri, semoga dengan kehadiran beliau dapat memberikan semangat kepada seluruh jemaah calon haji," harapnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama Republik Indonesia sampai saat ini daftar tunggu calon jemaah haji sampai pada tahun 2030.