PORTAL PEMERINTAH KOTA BINJAI
www.binjaikota.go.id
77tumpeng.jpg

19

May 2017

HUT Kota Binjai ke -145

By: binadm1n | Tag: binjai | Dibaca: 303 kali

Momentum Meningkatkan Rasa Kekeluargaan dan Kebersamaan


Binjai (Humas Pemko)
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar resepsi puncak peringatan Hari Jadi Kota Binjai ke-145, di pendopo Umar Baki Jalan Veteran, Rabu (17/5/2027. Acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Asisten Pemerintahan Pemprovsu mewakili Gubsu, Drs Jumsadi Damanik dan menyerahkan potongan tumpeng kepada Walikota HM Idaham SH MSi. Selanjutnya pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua TP PKK Hj. Lisa Andriani Idaham, ketua DPRD Zainuddin Purba, Wakil Walikota H Timbas Tarigan.

Resepsi dihadiri semua elemen masyarakat antara lain Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Kota Binjai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, jajaran kepala SKPD, camat, lurah, kepling se-Kota Binjai serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Walikota HM Idaham mengatakan Kota Binjai adalah kota kita bersama, kampung halaman tempat kita dibesarkan. Masyarakatnya sangatlah majemuk, banyak suku, etnis, budaya, agama, golongan yang berdiam didalamnya.
‘Kita harus mensyukuri dan menyadari bahwa keberagaman itu adalah nikmat dan karunia Allah SWT,” ungkap Idaham.

Maka dari itu, lanjut Idaham, momentum peringatan Hari jadi Kota Binjai hendaknya semakin meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan kita ditengah perbedaan yang ada.
“Alhamdulillah, saya melihat dan kita semua juga merasakan bahwa segala bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap perbedaan di kota Binjai selama ini dapat terbangun dengan baik. Dan itu pula yang menjadi salah satu pondasi yang kuat sebagai penopang pembangunan Kota Binjai selama ini, “ kata Idaham.

Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Binjai

Sebelumnya digelar sidang paripurna istimewa DPRD Kota Binjai dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Binjai Ke -145, di ruang rapat DPRD.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba, SH, dihadiri Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi, Wakil Walikota, Timbas Tarigan, SE, Sekadako M Mafullah P Daulay S.STP, MAP, Wakil Ketua DPRD, H M Sajali, dan Agus Supriantono beserta para anggota dewan, Kepala SKPD, Camat, Lurah, dan Kepling se - Kota Binjai, serta para undangan lainnya.

Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba mengajak semua pihak untuk terus membangun kota Binjai. Untuk berhasilnya pembangunan harus ada semangat kebersamaan dan SDM yang berkualitas.

"Kita semua menjadi pelopor pembangunan kota Binjai, menjaga Kota ini, tertib berlalu lintas, gotong-royong, menanam pohon di bantaran sungai, membuang sampah pada tempatnya, sehingga menjadi kota yg layak kita wariskan kepada anak cucu kita" terang pria yang akrab dipanggil pak Uda.

Sementara itu, Walikota Binjai H M Idaham SH MSi mengajak seluruh elemen masyarakat berkomitmen menyatukan visi mewujudkan Binjai Kota cerdas. Namun ditegaskannya kota cerdas bukan sekedar aplikasi, tapi yang paling dibutuhkan adalah membangun manusia yang cerdas.

“Saat ini ada lima aplikasi yg dibuat Pemko sebagai langkah awal menuju Kota cerdas. Namun kota cerdas bukan hanya dipenuhi aplikasi. Dimana e-Gov hanya aplikasi yang membantu pemerintah dan masyarakat," tegasnya.

Saat ini, masih kata Idaham, Kota Binjai telah dijadikan lokasi uji coba penanaman padi yang kita kenal sebagai beras Binjai, sudah memiliki hak Paten. Ini menambah deretan prestasi dan penghargaan yang diraih Kota Binjai , yang menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, baik penghargaan dari Pemerintah provinsi maupun pusat.

"Berbagai prestasi Kota Binjai tercapai berkat dukungan semua pihak." tambahnya.

Diakhir sidang paripurna istimewa diserahkan cenderamata dari Pemko dan DPRD Kota Binjai kepada untuk mantan Walikota, Wakil Walikota dan ketua DPRD Binjai.